April 2024

POLA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA DI SMAN 2 KERINCI

Submitted by admin on Tue, 04/30/2024 - 11:08
Penelitian ini membahas tentang Pola Guru PAI dalam Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air di SMA Negeri 2 Kerinci. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui kondisi karakter cinta tanah air di SMA Negeri 2 Kerinci, ingin mengetahui pola guru PAI dalam menanamkan karakter cinta tanah air siswa di SMA Negeri 2 Kerinci, ingin mengetahui kendala dan solusi guru dalam menanamkan karakter cinta tanah air siswa di SMA Negeri 2 Kerinci. Penelitian ini menggnakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif.
Penulis
Koleksi

ANALISIS ADAPTABILITAS KARIER PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KERINCI

Submitted by admin on Tue, 04/30/2024 - 11:07
Seiring ditemukannya hambatan dan tantangan untuk mencapai perkembangan karier, seperti penyediaan lapangan kerja yang terbatas, persaingan kerja yang semakin ketat, tuntutan karier yang berdinamika, tidak pasti dan berubah-ubah. Maka sudah seharusnya para mahasiswa untuk bersikap lebih fleksibel dalam menghadapi segala bentuk perubahan yang terjadi pada masa transisi dari kuliah ke dunia kerja, Oleh karena itu, Adaptabilitas karier adalah konstruk yang relevan untuk memahami bagaimana kesiapan mahasiswa tingkat akhir dalam menghadapi masa transisi dari kuliah ke dunia kerja.
Penulis
Koleksi

PERANAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTSN 2 KOTA SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Tue, 04/30/2024 - 11:04
Dalam meningkatkan kinerja guru, peranan kepala madrasah sangat besar, bukti bahwa peran tersebut sangat besar adalah dimana ketidak hadiran kepala madrasah menjadikan kegiatan belajar mengajar kurang terarah dan kurang terkontrol. Persoalan mendasar dalam penelitian ini adalah masih banyak guru yang kurang disiplin dalam mengajar. Batasan masalah hanya pada peranan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2 Kota Sungai Penuh.
Penulis
Koleksi

PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN 2 KERINCI

Submitted by admin on Tue, 04/30/2024 - 11:02
Berpikir kreatif mengacu pada proses-proses untuk menghasilkan suatu produk kreatif yang merupakan karya baru. Pada saat proses belajar mengajar model yang digunakan yaitu pembelajaran langsung sehingga peserta didik cenderung menerima pengetahuan dan informasi tanpa memanfaatkan kemampuan ktratif mereka. Pengamatan ini akan menganalisis data yang telah didapatkan dari hasil penelitian dan menggunakan analisis statistik. Penelitian ini akan menguji hipotesis yang telah ditetapkan.
Koleksi

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PAI MATERI MAKANAN DAN MINUMAN HALAL HARAM SISWA KELAS VIII DI SMP AT-THAYYIBAH KERINCI

Submitted by admin on Tue, 04/30/2024 - 11:00
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sejauh mana Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar PAI Materi Makanan dan Minuman Halal Haram Siswa Kelas VIII di SMP At-Thayibah Kerinci. Hipotesis yang dikemukakan adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap Hasil Belajar PAI materi makanan dan inuman Halal Haram Siswa Kelas VIII di SMP At-Thayibah Kerinci. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan Rancangan One-Group Pretest-Posttest Design.
Penulis
Koleksi

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI PONPES AL-KAHFI KALAM MADANI KERINCI

Submitted by admin on Tue, 04/30/2024 - 10:57
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di Ponpes Al-Kahfi Kalam Madani Kerinci, apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi tersebut dan serta sejauh mana strategi itu dapat memotivasi para guru di Ponpes Al-Kahfi Kalam Madani Kerinci. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai desain penelitian.
Penulis
Koleksi

STRATEGI DAKWAH MUI KABUPATEN KERINCI MENGHADAPI PERUBAHAN ZAMAN

Submitted by admin on Tue, 04/30/2024 - 10:55
Tujuan penelitian ini melibatkan pemahaman terhadap Strategi Dakwah MUI Kabupaten Kerinci yang dihadapkan pada dinamika perubahan zaman. Penelitian juga bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dari Strategi Dakwah MUI di Kabupaten Kerinci. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan MUI Kabupaten Kerinci dalam mempertahankan relevansi pesan dakwahnya di tengah perubahan sosial dan budaya yang terjadi. Hal ini untuk menjawab rumusan masalah dari penelitian ini.
Penulis
Koleksi

ANALISIS RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA KELAS VIII SMP NEGERI 34 KERINCI

Submitted by admin on Tue, 04/30/2024 - 10:53
Rasa ingin tahu merupakan suatu dorongan yang kuat akan kebutuhan. Rasa haus atau hasrat untuk mengetahui, melihat dan adanya motivasi perilaku penelaahan untuk mendapatkan informasi baru yang berasal dari ketidakpastian dalam diri siswa yang menyebabkan konflik konseptual dalam diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat deskripsi gambaran atau secara sistematis mengenai fakta, gambaran secara terperinci mengenai rasa ingin tahu siswa belajar IPA Biologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Koleksi

IMPLEMENTASI MEDIA WORDWALL BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 2 KERINCI

Submitted by admin on Tue, 04/30/2024 - 10:48
Penelitian ini membahas tentang Implementasi Media Wordwall Berbasis Website untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMAN 2 Kerinci.
Penulis
Koleksi

PERAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH SWASTA HAMPARAN RAWANG

Submitted by admin on Mon, 04/29/2024 - 15:32
Madrasah Aliyah Swasta Hamparan Rawang merupakan salah satu Madrasah Aliyah Swasta yang terdapat di Kota Sungai Penuh. Madrasah ini berdiri sejak 02 Juni 2008 dan mulai beroperasi 01 Juli 2013. Madrasah ini terletak di Jln. Relay TVRI Hamparan Rawang, Kelurahan Kampung Dilir, Kecamatan Hamparan Rawang, Kota Sungai Penuh.
Penulis
Koleksi

KONSEP PENDEKATAN ILMIAH (SAINTIFIK) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMA NEGERI 10 KERINCI

Submitted by admin on Mon, 04/29/2024 - 15:30
Pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 10 kerinci. Pendekatan tersebut di terapkan untuk mengubah peadigma pembelajaran yang awalnya berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa. Pendekatan tersebut dilakukan dengan cara mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.
Penulis
Koleksi

PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN SELF-MANAGEMENT TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SANTRI TAHUN PERTAMA DI PONDOK PESANTREN ARAFAH SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Mon, 04/29/2024 - 15:28
Penelitian ini dilatar belakangi terkait santri baru, mereka harus berhadapan dengan situasi dan kondisi yang berbeda dengan situasi dan kondisi yang dialami sebelum tinggal di pondok pesantren dengan masyarakat lingkungan sekitar, dan penyesuaian-penyesuaian diri lainnya. Keadaan yang begitu berbeda akan membuat para santri mengalami perubahan dan penyesuain terhadap lingkungan baru yang ditempatinya. Perbedaan tersebut mengharuskan santri untuk mampu menyesuaikan diri di lingkungannya.
Penulis
Koleksi

STRATEGI GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTSN 02 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Mon, 04/29/2024 - 15:24
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di MTSn 02 Sungai Penuh, Yaitu masih terdapat ketidak sinkronan antara idealitas dan realitas sejauh ini masih (kurang maksimal) artinya realisasi pembelajaran dikelas kurang kondusif sehingga mengakibatkan tujuan pembelajaran belum dapat tercapai secara maksimal.Sehingga perlu diperhatikan strategi guru dalam menerapkan metode Aktive Learning di kelas.
Penulis
Koleksi

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANGGULANGAN KENAKALAN SISWA DI SMP ATTHAYYIBAH KERINCI

Submitted by admin on Mon, 04/29/2024 - 15:16
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena-fenomena yang terjadi berkenaan dengan kenakalan siswa yang ada di SMP Atthayyibah Kerinci dan ini menjadi sesuatu yang harus di tindak lanjuti agar tidak terjadi dan diikuti siswa yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk kenakalan siswa yang dapat merugikan dirinya dan sekolah. Mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi kenakalan siswa di SMP Atthayyibah Kerinci Kec. Air Hangat Barat Kab.
Penulis
Koleksi

MINAT BELAJAR MAHASISWA BROKEN HOME (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Kerinci)

Submitted by admin on Mon, 04/29/2024 - 15:14
Penelitian ini dilakukan karena Mahasiswa yang berlatar belakang broken home memiliki kriteria permasalahan yang berbeda-beda hal ini dibuktikan pada keluarga mahasiswa broken home tersebut menyangkut pada perekonomian keluarga, dan unsurperbedaan pendapat dari kedua belah pihak orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat Belajar Mahasiswa Broken Home (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Kerinci). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.
Penulis
Koleksi

PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH PENGAWAS PENDIDIKAN KOTA SUNGAI PENUH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SD SE KECAMATAN KOTO BARU

Submitted by admin on Mon, 04/29/2024 - 15:11
Supervisi Pendidikan merupakan proses evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah ataupun pengawas sekolah sebagai pengelola kinerja sekolah atau pengoperasian sumber daya di dalam sekolah dengan tujuan untuk meningkatkan mutu sekolah secara terus menerus, dan harus di kelola dengan baik oleh kepala sekolah maupun pengawas sekolah, yang terdiri dari pemikiran dan rencana yang dikembangkan dan terorganisir dengan baik. Rumusan Masalah : (1) Bagaimana proses pembelajaran pada SD se kecamatan koto baru?
Penulis
Koleksi

ANALISIS TINGKAT FAMILIARITAS SISWA TERHADAP ISTILAH SAINS DAN BIOLOGI

Submitted by admin on Mon, 04/29/2024 - 15:08
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui familiaritas siswa terhadap istilah sains dan biologi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan komparatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 6 Kerinci. Pengumpulan mengumpulkan data terkait familiaritas siswa terhadap istilah ilmiah. Sampel penelitian 123 siswa. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 60 butir istilah. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh gambaran umum mengenai familiaritas siswa terhadap istilah ilmiah.
Koleksi

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) BERBASIS SOAL-SOAL NON RUTIN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Submitted by admin on Mon, 04/29/2024 - 15:05
Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang rendah membuat siswa kesulitan menyelesaikan soal-soal non rutin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran SSCS berbasis soal non rutin terhadap kemampuan berfikir kritis matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy experiment yang terdiri dari kelas eksperimen yang menerapkan model pemelajaran SSCS dan kelas kontrol yang model pembelajaran tradisional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa VII SMP Negari 06 Sungai Penuh Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 24 orang.
Penulis
Koleksi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PEMBUATAN TERARIUM TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS X MAN 2 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Mon, 04/29/2024 - 15:02
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: 1) Bagaimana gambaran kreativitas siswa kelas X MAN 2 Sungai Penuh sesudah penggunaan model pembelajaran project based learning dengan pembuatan terarium 2) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning dengan pembuatan terarium terhadap kreativitas siswa kelas X MAN 2 Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif serta instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu, kelas X.
Penulis
Koleksi

IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN DAKWAH DALAM MENGEMBANGKAN PELAYANAN PENYULUHAN AGAMA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN HAMPARAN RAWANG

Submitted by admin on Mon, 04/29/2024 - 14:57
This research aims to determine the form of implementing the Da'wah Management Function in Developing Religious Extension Services at the Hamparan Rawang District Religious Affairs Office. To find out the obstacles in implementing the Da'wah Management Function in Developing Religious Extension Services at the Hamparan Rawang District Religious Affairs Office. This type of research uses qualitative research. Data collection techniques use observation, interviews and documentation methods.
Penulis
Koleksi

PENERAPAN FUNGSI PERENCANAAN (PLANNING) DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MUKHTARIYAH AMBAI

Submitted by admin on Mon, 04/29/2024 - 14:55
Skripsi yang berjudul ‖Penerapan Fungsi Perencanaan (Planning) Dalam Pembinaan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Al Mukhtariyah Ambai‖ di susun oleh Mauliyani NIM. 2010302008. Program Studi Menajmen Dakwah Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Kerinci. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seiring perkembangan zaman sesuai dengan tuntutan pembangunaan umat islam maka banyak berdiri lembaga-lembaga dakwah yang berperan penting untuk memulai pembaruan dakwah dalam menyiarkan ajaran islam.
Penulis
Koleksi

KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 21 KERINCI

Submitted by admin on Mon, 04/29/2024 - 14:42
Membangun karakter rasa tahu siswa diperlukan sistem pengajaran yang baik, diantaranya pemilihan dan penerapan metode yang tepat. Salah satu metode pembelajaran tersebut adalah metode Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui: (1) Karakter rasa ingin tahu siswa melalui Problem Based Learning dan (2) Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan Problem Based Learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 21 Kerinci khususnya pada materi Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method (metode campuran).
Koleksi

HIPOKRISI EKOLOGI PERSPEKTIF AL-QUR’AN: TELAAH PEMIKIRAN QURAISH SHIHAB

Submitted by admin on Mon, 04/29/2024 - 14:12
Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu pembahasan yang ada di dalam Al-Qu’an mengenai kemunafikan lingkungan dalam al-qur’an, yang merupakan permasalahnyan yang perlu di tinjak lanjuti dengan upaya menjaga kebersihan lingkungan. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tokoh dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemunafikan lingkungan perspektif al-qur’an telaah pemikiran Quraish Shihab. Kerusakan lingkungan mengancam keberlangsungan dunia.

KAUM DHUAFA DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF TAFSIR AL-MUNIR KARYA WAHBAH ZUHAILI

Submitted by admin on Mon, 04/29/2024 - 14:07
Kaum dhuafa dalam Al-Qur‟an dengan melihat secara kebahasaan yang bermakna lemah, maka diklasifikasikan sebagai lemah keyakinan (QS. Ali-„Imran: 146), lemah fisik dan mental (QS. Ar-Rum: 5) dan (QS. Hud: 91), lemah jiwa, kemauan dan cita-cita (QS. An-Nisa‟: 28), lemah ekonomi (QS. An-Nisa‟: 9), lemah status social dan kedudukan (QS. Ibrahim: 21) dan (QS. Ghafir: 47). Adapun kriteria kaum dhuafa berdasarkan ayat Al-Qur‟an, anak-anak yatim; orang-orang miskin; musafir; pengemis; hamba sahaya (QS. AlBaqarah: 177), tuna Netra; orang cacat fisik; orang sakit (QS.
Penulis
Koleksi