Deskripsi/Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena-fenomena yang terjadi
berkenaan dengan kenakalan siswa yang ada di SMP Atthayyibah Kerinci dan ini
menjadi sesuatu yang harus di tindak lanjuti agar tidak terjadi dan diikuti siswa
yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk
kenakalan siswa yang dapat merugikan dirinya dan sekolah. Mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi kenakalan siswa di SMP Atthayyibah Kerinci Kec. Air
Hangat Barat Kab. Kerinci, dan sebagaimana peran guru Pendidikan agama islam
dalam penanggulangan kenakalan siswa di SMP Atthayyibah Kerinci Kec. Air
Hangat Barat Kab. Kerinci.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentsi. Sedangkan Analisa data dilakukan dengan
tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk kenakalan
siswa di SMP Atthayyibah Kerinci masih tergolong kategori kenakalan biasa,
seperti sering terlambat dan membolos, melakukan perusakan seperti mencoretcoret meja dan tembok, menentang guru, mengganggu teman saat belajar, dan ada
yang berkelahi dengan teman. Sedangkan faktor penyebab ada tiga, yaitu
lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. (2) Peran guru pendidikan agama
islam selalu menerapkan internalisasi nilai-nilai religius dengan memberikan
motivasi, nasehat, menjadi konselor, leader serta menetapkan metode
pembelajaran yang tepat, memberikan bimbingan, dan meningkatkan
profesionalisme guru dalam pembelajaran. (3) Adapun yang dilakukan untuk
penanggulangan kenakalan siswa yaitu, a) Tindakan preventif (pencegahan), b)
tindakan pembinaan
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.