Hasil belajar IPA siswa dalam proses pembelajaran yang diajarkan menggunakakan model pembelajaran Cooperative integrated reading and composition dengan media gambar di SMPN 4 Kerinci. Diperoleh rata-rata nilai tes dikelas eksperimen adalah 87.25 2. Hasil belajar IPA terpadu siswa, dalam proses pembelajaran yang tidak mengunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition dengan media gambar di SMPN 4 Kerinci. Diperoleh ratarata nilai tes dikelas kontrol adalah 75.56 3. Terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative integrated reading and composition dengan media gambar terhadap hasil belajar IPA terpadu siswa SMPN 4 Kerinci. Kriteria pengujian adalah sebagai berikut : Terima H0 jika thitung< t1-α, dan dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 6.84 dan ttabel = 1.694, artinya 6.84 > 1.694 sehingga kesimpulannya terima H1 dan ditolak H0, yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative integratedreading and composition dengan media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa SMPN 4 Kerinci