Biologi
POTENSI LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMK-SPP NEGERI 3 KERINCI
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran biologi, potensi lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar, faktor pendukung dan penghambat lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SMKSPP Negeri 3 Kerinci. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
ANALISIS KREATIVITAS GURU IPA DALAM MENYUSUN SOAL RANAH KOGNITIF DITINJAU DARI MASA KERJA DI SMP NEGERI 13 KERINCI TAHUN AKADEMIK 2022/2023
Pada masa sekarang diperlukan guru yang professional, Guru yang profesional mengedepankan mutu dan akan menghasikan lulusan yang bermutu pula. Penelitian ini bertujuan untuk menngetahui kreativitas guru IPA dalam menyusun soal khususnya pada mata pelajaran IPA serta tingkat ranah kognitif soal yang disusun guru guru IPA yang ditinjau dari pengalaman kerja guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah dua orang guru IPA di SMP Negeri 13 Kerinci. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik dokumentasi, Kuesioner dan angket.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 SUNGAI PENUH
Sebagian besar siswa memiliki kemampuan berpikir kritis siswa yang rendah dikarenakan materinya yang banyak dan membutuhkan pemahaman dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain menggunakan Control Group Post Test – Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Sungai Penuh yang berjumlah 42 orang.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 5 SUNGAI PENUH
Berdasarkan hasil obervasi di SMA Negeri 5 Sungai Penuh, diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran di sekolah tersebut sudah berjalan dengan baik. Namun ada beberapa kendala yang membuat proses pembelajaran kurang efektif, diantaranya yaitu masih kurangnya sarana dan prasarana sehingga guru banyak yang masih belum menerapkan media motivatif pada pembelajaran Biologi.
KESIAPAN GURU MATA PELAJARAN BIOLOGI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA/MA SEKOTA SUNGAI PENUH
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesiapan guru mata pelajaran Biologi dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA/MA Sekota Sungai Penuh. Fokus penelitian adalah pada empat komponen kesiapan guru, yaitu strategi belajar, kemampuan mengajar, kebijakan, serta waktu dan finansial. Metode analisis data menggunakan nilai rata-rata skor dan persentase, serta uji validitas isi dan reliabilitas instrumen penelitian.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PEMANFAATAN BARANG-BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI MA KOTO RENDAH
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan pemanfaatan barang-barang bekas sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem pernapasan di kelas XI MA Koto Rendah. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian jenis penelitian ini adalah Quasi Experimen metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Koto Rendah.
PENGARUH PENDEKATAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 6 KERINCI
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajardenganm enggunakanpendekatanlingkungansekitardiSMANegeri6Kerinci.