STRATEGI DAKWAH MUI KABUPATEN KERINCI MENGHADAPI PERUBAHAN ZAMAN

Submitted by admin on Tue, 04/30/2024 - 10:55
Deskripsi/Abstract
Tujuan penelitian ini melibatkan pemahaman terhadap Strategi Dakwah MUI Kabupaten Kerinci yang dihadapkan pada dinamika perubahan zaman. Penelitian juga bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dari Strategi Dakwah MUI di Kabupaten Kerinci. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan MUI Kabupaten Kerinci dalam mempertahankan relevansi pesan dakwahnya di tengah perubahan sosial dan budaya yang terjadi. Hal ini untuk menjawab rumusan masalah dari penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor MUI Kabupaten Kerinci pada tanggal 12, 23, dan 26 Februari 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah bahwa strategi dakwah yang dilakukan oleh MUI Kabupaten Kerinci dalam menghadapai perubahan zaman ialah belum sepenuhnya atau belum intens dalam memanfaatkan teknologi informasi seperti media sosial. Melaikan dakwahnya dilakukan dengan konvensional atau bertatapan langsung dengan para jamaah di masjid, musholla dan tempat pengajian-pengajian. Kemudian faktor pendukung dan faktor penghambat adalah adanya partisipasi dari pemerintah dan lembaga kemitraan yang turut andil dalam menyelenggarakan atau menyelesaikan kegiatan yang ada, serta partisipasi dari masyarakat dan juga keahlian dakwah para da‘i MUI Kabupaten Kerinci. Sedangkan faktor penghambatnya adalah minimnya anggaran dari pemerintah daerah dan MUI Kabupaten Kerinci, sehingga menjadikan tidak terorganisirnya organisasi hingga kurangnya kesadaran para mubalig muda akan dakwah tanpa imbalan jasa. Relevansi pesan dakwah menghadapi perubahan sosial dan budaya untuk saat ini pesan dakwahnya belum memiliki relevansi pesan dakwah karena untuk saat ini tidak terorganisir, tidak terjaga, tidak ada acuanya, tidak ada roadmapnya, dan tidak ada kurikulumnya.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis