Deskripsi/Abstract
Tujuan penelitian ini melibatkan pemahaman terhadap Strategi Dakwah
MUI Kabupaten Kerinci yang dihadapkan pada dinamika perubahan zaman.
Penelitian juga bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan
penghambat dari Strategi Dakwah MUI di Kabupaten Kerinci. Selain itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan MUI Kabupaten Kerinci
dalam mempertahankan relevansi pesan dakwahnya di tengah perubahan sosial
dan budaya yang terjadi. Hal ini untuk menjawab rumusan masalah dari penelitian
ini.
Penelitian ini dilaksanakan di Kantor MUI Kabupaten Kerinci pada
tanggal 12, 23, dan 26 Februari 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitiannya adalah bahwa strategi dakwah yang dilakukan oleh
MUI Kabupaten Kerinci dalam menghadapai perubahan zaman ialah belum
sepenuhnya atau belum intens dalam memanfaatkan teknologi informasi seperti
media sosial. Melaikan dakwahnya dilakukan dengan konvensional atau
bertatapan langsung dengan para jamaah di masjid, musholla dan tempat
pengajian-pengajian. Kemudian faktor pendukung dan faktor penghambat adalah
adanya partisipasi dari pemerintah dan lembaga kemitraan yang turut andil dalam
menyelenggarakan atau menyelesaikan kegiatan yang ada, serta partisipasi dari
masyarakat dan juga keahlian dakwah para da‘i MUI Kabupaten Kerinci.
Sedangkan faktor penghambatnya adalah minimnya anggaran dari pemerintah
daerah dan MUI Kabupaten Kerinci, sehingga menjadikan tidak terorganisirnya
organisasi hingga kurangnya kesadaran para mubalig muda akan dakwah tanpa
imbalan jasa. Relevansi pesan dakwah menghadapi perubahan sosial dan budaya
untuk saat ini pesan dakwahnya belum memiliki relevansi pesan dakwah karena
untuk saat ini tidak terorganisir, tidak terjaga, tidak ada acuanya, tidak ada
roadmapnya, dan tidak ada kurikulumnya.
Koleksi
Subject
Files
Skripsi Uswatun Hasanah.pdf2.31 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.