Deskripsi/Abstract
Dalam meningkatkan kinerja guru, peranan kepala madrasah sangat besar,
bukti bahwa peran tersebut sangat besar adalah dimana ketidak hadiran kepala
madrasah menjadikan kegiatan belajar mengajar kurang terarah dan kurang
terkontrol. Persoalan mendasar dalam penelitian ini adalah masih banyak guru
yang kurang disiplin dalam mengajar. Batasan masalah hanya pada peranan
kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2
Kota Sungai Penuh.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana bentuk kinerja
guru di MTsN 2 Kota Sungai Penuh, 2) untuk mengetahui bagaimana peranan
kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2
Kota Sungai Penuh, 3) untuk mengetahui apa kendala yang dihadapi kepala
madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2 Kota
Sungai Penuh. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif
deskritif dimana pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Sumber data diperoleh kepala sekolah dan guru. Data dianalisis
dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau
verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kinerja guru atau pendidik
suadah cukup baik dengan melihat persiapan mengajar guru atau pendidik dan
keaktifan dalam melaksanakan tugasnya, 2) peranan kepala madrasah seabagai
supervisor memberikan pengarahan, motivasi, pelayanan dan pengawasan kepada
guru, pegawai maupun peserta didik, 3) kendala yang dihadapi kepala madrasah
sebagai supervisor yaitu mengontrol sikap siswa, menyediakan semua fasilitas
belajar sesuai perkembangan zaman dan memberikan dukungan penuh kepada
guru dan memfasilitasi guru demi meningkatkan kinerja guru dan mutu
pendidikan
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.