Permasalahan dilihat dari hasil ulangan harian salah satu kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Fiqih) didapat data bahwa masih ada siswa belum mencapai hasil yang diharapkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pengamalan Akhlak Islami Melalui Pendekatan Problem Check List terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Sungai Penuh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Dari beberapa informasi yang dikumpulkan di lapangan, selanjutnya data tersebut dideskripsikan pada analisis penelitian dalam pendekatan penelitian ini peneliti mencoba mengungkapkan masalah yang ada berkaitan dengan penerapan Strategi Group To Group Exchange dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh Siswa Kelas XI MAS Koto Rendah. Hasil penelitian diperoleh hasil diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,018 karena nilai 0,018 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Artinya ada perbedaan antara hasil belajar pre test dan post test, sehingga dapat disimpulkan pula bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam Pemberian Melalui Penerapan Strategi Group To Group Exchange untuk meningkatkan Hasil Belajar Fiqh Siswa siswa di Kelas XI MAS Koto Rendah. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat diteliti dengan strategi yang lain dan dengan variabel motivasi dan prestasi belajar siswa.