Penelitian ini membahas tentang Pola Guru PAI dalam Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air di SMA Negeri 2 Kerinci. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui kondisi karakter cinta tanah air di SMA Negeri 2 Kerinci, ingin mengetahui pola guru PAI dalam menanamkan karakter cinta tanah air siswa di SMA Negeri 2 Kerinci, ingin mengetahui kendala dan solusi guru dalam menanamkan karakter cinta tanah air siswa di SMA Negeri 2 Kerinci. Penelitian ini menggnakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data reduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Kondisi karakter cinta tanah air siswa SMA Negeri 2 Kerinci masih ada sebagian kecil siswa yang tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tidak taat aturan seperti datang terlambat dan tidak memakai atribut seragam dengan lengkap. Sehingga dalam hal ini guru perlu menggunakan pola pendidikan dalam mengatasi permasalahan yang di alami siswa, agar guru bisa membentuk karakter cinta tanah air siswa. 2) Adapun pola guru PAI dalam menanamkan karakter cinta tanah air siswa yaitu dengan menggunakan pola otoriter, pola demokratis, dan pola permisif. Adapun metode yang di gunakan guru dalam menanamkan karakter cinta tanah air siswa yaitu metode keteladanan, kedisiplinan, dan pembiasaan. 3) Kendala yang di alami guru PAI dalam menanamkan karakter cinta tanah air siswa yaitu, kurangnya keteladanan dan perhatian dari orang tua, lingkungan tempat peserta didik tinggal, diri sendiri dan waktu. Sedangkan solusinya adalah dengan adanya kerja sama antar guru dengan orang tua peserta didik dan adanya kerja sama antar guru dan semua pihak sekolah