Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui familiaritas siswa terhadap istilah sains
dan biologi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan
komparatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 6 Kerinci. Pengumpulan
mengumpulkan data terkait familiaritas siswa terhadap istilah ilmiah. Sampel
penelitian 123 siswa. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang terdiri dari
60 butir istilah. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh
gambaran umum mengenai familiaritas siswa terhadap istilah ilmiah. Kemudian
menggunakan independent samples t-test untuk membandingkan familiaritas
siswa terhadap istilah pada tingkatan kelas yang berbeda dan paired sample t-test
untuk membandingkan tingkat familiaritas siswa terhadap istilah sains umum dan
biologi. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat perbedaan yang signifikan antara
familiritas terhadap istilah sains umum dan biologi untuk siswa dengan tingkatan
kelas yang berbeda. Menariknya, siswa kelas XI MIPA (2.58) lebih familiar
dengan istilah sains umum dan biologi dibandingkan siswa kelas XII MIPA (2.06).
Perbedaan yang signifikan juga ditemukan antara familiaritas siswa terhadap
istilah sains umum dan biologi. Siswa SMA Negeri 6 Kerinci cenderung lebih
familiar dengan istilah biologi (2.44) dibandingkan dengan istilah sains umum
(2.05). Simpulan, a) tingkat familiaritas ditemukan tidak sejalan dengan tingkatan
kelas; b) terdapat korelasi yang tinggi dan signifikan antara familiaritas istilah
sains umum dan biologi siswa; c) terdapat perbedaan yang signifikan antara
familiaritas siswa terhadap istilah sains umum dan biologi
Koleksi
Subject
Files