ANALISIS TINGKAT FAMILIARITAS SISWA TERHADAP ISTILAH SAINS DAN BIOLOGI

Submitted by admin on Mon, 01/22/2024 - 15:00
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui familiaritas siswa terhadap istilah sains dan biologi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan komparatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 6 Kerinci. Pengumpulan mengumpulkan data terkait familiaritas siswa terhadap istilah ilmiah. Sampel penelitian 123 siswa. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 60 butir istilah. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh gambaran umum mengenai familiaritas siswa terhadap istilah ilmiah. Kemudian menggunakan independent samples t-test untuk membandingkan familiaritas siswa terhadap istilah pada tingkatan kelas yang berbeda dan paired sample t-test untuk membandingkan tingkat familiaritas siswa terhadap istilah sains umum dan biologi. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat perbedaan yang signifikan antara familiritas terhadap istilah sains umum dan biologi untuk siswa dengan tingkatan kelas yang berbeda. Menariknya, siswa kelas XI MIPA (2.58) lebih familiar dengan istilah sains umum dan biologi dibandingkan siswa kelas XII MIPA (2.06). Perbedaan yang signifikan juga ditemukan antara familiaritas siswa terhadap istilah sains umum dan biologi. Siswa SMA Negeri 6 Kerinci cenderung lebih familiar dengan istilah biologi (2.44) dibandingkan dengan istilah sains umum (2.05). Simpulan, a) tingkat familiaritas ditemukan tidak sejalan dengan tingkatan kelas; b) terdapat korelasi yang tinggi dan signifikan antara familiaritas istilah sains umum dan biologi siswa; c) terdapat perbedaan yang signifikan antara familiaritas siswa terhadap istilah sains umum dan biologi.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi