STRATEGI GURU MENERAPKAN RPP DALAM KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 9 KERINCI

Submitted by admin on Tue, 01/30/2024 - 09:02
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk mengetahui RPP dalam kurikulum 2013 mata pelajaran IPA di Smp Negeri 9 Kerinci. Untuk mengetahui strategi menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi RPP dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran IPA di Smp Negeri 9 Kerinci. Untuk mengetahui hambatan dan solusi guru menerapkan RPP dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran Ipa di SMP Negeri 9 kerinci Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif yakni penelitian yang dimaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang diamati oleh peneliti. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif yang menggambarkan hal yang berkenaan dengan Strategi Guru Menerapkan RPP dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 9 Kerinci. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru IPA dan Siswa. Teknik pengumpulan data dilakukann dengan proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari Reduksi Data, Data Display dan Verifikasi dan Penarikan Kesimpulan. Teknik Keabsahan Data menerapkan teknik triangulasi sumber (data) dan triangulasi metode untuk menguji keabsahan data yang berhubungan dengan masalah penelitian yang diteliti oleh peneliti. Hasil dan Pembahasan: Strategi menyusun melaksanakan, dan mengevaluasi RPP IPA kurikulum 2013 pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 9 Kerinci sudah dilakukan tetapi masih belum tersusun secara baik, dari segi pelaksanaan sudah dilaksanakan tetapi masih banyak kekuranganya dan dari segi evaluasi guru tidak mengalami kesulitan karena masih sama dengan kurikulum sebelumnya. Guru mata pelajaran IPA sering menimbulkan anggapan negatif karena dalam komitmen dan konsistensi penerapannya yang masih rendah, Kemudian guru di SMP Negeri 9 Kerinci juga mengalami kesulitan dalam menerapkan metode pembelajaran dengan pendekatan saintifik dikarenakan metode pembelajaran ini menuntut siswa aktif mencari materi bukan hanya guru yang selalu memberikan materi.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi