keterampilan mengajar guru biologi dapat dikatakan sangat baik sehingga motivasi belajar siswa menjadi meningkat yang dapat dikatakan dalam kategori baik. Dalam pembelajaran guru sebagai fasilitator untuk membimbing siswa dalam belajar sehingga hal ini sangat memungkinkan siswa untuk terlibat aktif dalam belajar sebab dia berpikir dan menggunakan kemampuan untuk mencari informasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara keterampilan mengajar guru biologi terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 6 Sungai Penuh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “adanya hubungan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa.. Penelitian ini di laksanakan di kelas VIII SMP Negeri 6 Sungai Penuh ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Sungai Penuh sebanyak 68 siswa. Untuk sampel penelitian ini adalah tiga kelas, sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 68 siswa dengan mengambil seluruh populasi yang ada menjadi sampel dalam penelitian ini ( total sampling) dikarena jumlah subjek kurang dari 100. Instrumen penelitian ini adalah angket yang berupa dua macam angket yakni angket ketampilan mengajar dan angket motivasi belajar. Dari hasil analisis data menujukkan bahwa hubungan keterampilan mengajar guru biologi terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII yang ditunjukan dengan hasil uji hipotesis dengan rhitung 0,524> rtabel 0,279 yang