Deskripsi/Abstract
keterampilan mengajar guru biologi dapat dikatakan sangat baik sehingga
motivasi belajar siswa menjadi meningkat yang dapat dikatakan dalam kategori
baik. Dalam pembelajaran guru sebagai fasilitator untuk membimbing siswa
dalam belajar sehingga hal ini sangat memungkinkan siswa untuk terlibat aktif
dalam belajar sebab dia berpikir dan menggunakan kemampuan untuk mencari
informasi.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
hubungan antara keterampilan mengajar guru biologi terhadap motivasi belajar
siswa di SMP Negeri 6 Sungai Penuh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah
“adanya hubungan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar
siswa..
Penelitian ini di laksanakan di kelas VIII SMP Negeri 6 Sungai Penuh
ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Negeri 6 Sungai Penuh sebanyak 68 siswa. Untuk sampel penelitian ini adalah
tiga kelas, sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 68 siswa dengan
mengambil seluruh populasi yang ada menjadi sampel dalam penelitian ini ( total
sampling) dikarena jumlah subjek kurang dari 100. Instrumen penelitian ini
adalah angket yang berupa dua macam angket yakni angket ketampilan mengajar
dan angket motivasi belajar. Dari hasil analisis data menujukkan bahwa hubungan
keterampilan mengajar guru biologi terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII
yang ditunjukan dengan hasil uji hipotesis dengan rhitung 0,524> rtabel 0,279 yang
Koleksi
Subject
Files
skripsi yayang ok.pdf4.58 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.