Deskripsi/Abstract
Berdasarkan data dan hasil penelitian yang didapatkan dan setelah
melakukan penelitian, maka dapat disimpulkan secara umum bahwa proses
penerapan pembelajaran Home Visit (Kunjungan Rumah) dalam pembelajaran
IPA siswa SMP Kelas VIII di SMP Negeri 12 Sungai Penuh, yaitu sebagai
berikut:
1. Proses Penerapan model pembelajaran Home Visit (Kunjungan Rumah)
dalam pembelajaran IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Sungai Penuh
terdiri dari Tahap Persiapan/perencanaan Implementasi meliputi kegiatan
pada tahap persiapan implementasi home visit, guru terlebih dulu harus
mengetahui tujuan dari pelaksanaan home visit. Tahap Pelaksanaan
Implementasi Home Visit meliputi kegiatan sebelum menggali data
tentang siswa, guru harus mampu membangun kepercayaan orangtua siswa
dengan melakukan komunikasi yang positif. Ketika berada di rumah siswa
guru harus menyampaikan maksud dan tujuan home visit dengan jelas agar
orangtua siswa tidak salah paham. Baru kemudian guru memberikan
pembelajaran IPA kepada siswa. Tahap Evaluasi Implementasi Home
Visit. Dalam pelaksanaan home visit, guru perlu melakukan evaluasi
tentang kelengkapan dan kemanfaatan hasil home visit dan komitmen
orangtua siswa dalam penanganan masalah belajar siswa. Tindak Lanjut
81
dari Implementasi Home Visit. Pada proses tindak lanjut, guru
menggunakan hasil dari home visit sebagai pedoman untuk menangani
masalah belajar siswa. Hal ini dilakukan setelah guru dan orangtua siswa
berdikusi tentang kondisi siswa baik di rumah maupun di sekolah
2. Kendala penerapan model pembelajaran Home Visit (Kunjungan Rumah)
dalam pembelajaran IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Sungai Penuh
adalah jarak rumah siswa dan sekolah yang agak jauh, Masih kaku dalam
menerapkannya karena belum terbiasa dengan metode Home Visit, jadwal
belum tertata dengan baik, alokasi waktu yang relatif singkat dan kurangnya
dukungan orangtua.
3. Upaya penerapan model pembelajaran Home Visit (Kunjungan Rumah)
dalam pembelajaran IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Sungai Penuh
adalah dengan Guru membuat jadwal pelaksanaan metode home visit secara
bergantian sehingga guru tidak terlalu repot mengunjungi rumah siswa yang
jaraknya agak jauh dari sekolah, Menyesuaikan dengan penerapan metode
home visit dalam pembelajaran IPA. Guru lebih kreatif dalam
mengalokasikan waktu sehingga lebih efektif dan efesien. Guru
berkomunikasi dan menjelaskan kembali tujuan dari metode Home Visit
kepada orangtUA.
Koleksi
Subject
Files
skripsi puput da.pdf2.26 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.