1. Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran sudah diterapkan oleh guru biologi namun, belum maksimal pada pelaksanaanya pada pembelajaran di sekolah baik perencanaan pembelajaran, pengelolaan kelas maupun pada pelaksanaan pada pembelajaran. 2. Hambatan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 adalah hambatan perencanaan pembelajaran, hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran, hambatan dalam penilaian pembelajaran dan hambatan dalam fasilitas pembelajaran 3. Solusi terhadap hambatan penerapan kurikulu 2013 adalah Pengembangan silabus bisa dilakukan guru secara mudah dengan cara menyesuaikan keadaan dan sarana prasarana yang ada di sekolah. Sehingga dapat disiasati pembelajaran yang harus dilaksanakan di sekolah dan di luar sekolah, Menggunakan metode yang bervariasi seperti wisata sambil belajar dengan menggunakan metode JAS (Jelajah Alam Sekitar) dalam pembelajaran biologi. Selain menjadikan siswa tidak bosan, metode ini memperkenalkan langsung kepada siswa terhadap alam sekitar yang akan membuat rasa keingin tahuan siswa muncul, Kekurangan alat dan bahan dalam pembelajaran khususnya dalam praktikum bisa dihindari dengan kreativitas guru yang disalurkan kepada siswa. Misalnya ketika minimnya alat peraga, guru bisa memberikan contoh dalam membuat alat peraga sederhana yang kemudian memberikan tugas kepada siswa untuk membuat alat peraga, Guru dan tenaga kependidikan harus bekerjasama secara baik dalam proses belajar mengajar, seperti kebutuhan terhadap laboran, dari pihak guru bisa bekerjasama dengan pihak yang lainnya untuk menjadi laboran dan Guru harus memanfaatkan MGMP untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran dengan cara melihat dan saling bertukar RPP agar bisa terjalin komunikasi, sehingga akan bisa dilihat kekurangan atau kelebihan pembelajaran yang telah dilakukan.
Deskripsi/Abstract
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI JILID.pdf7.87 MB
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.