PENGARUH METODE SOCRATES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26 KERINCI DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI

Submitted by admin on Thu, 02/03/2022 - 10:24
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Socrates terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 26 Kerinci pada mata pelajaran biologi. Metode dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian quasy eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 26 Kerinci. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII A sebanyak 10 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebanyak 10 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data Ialah posttest. Data dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis dua sampel yang independen dengan menggunakan uji-t (t-test) dengan bantuan microsoft excel. Berdasarkan uji analisis data menunjukkan bahwa thitung > ttabel dengan jumlah thitung = 95,949 dan ttabel = 2,100 hal tersebut membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode Socrates dengan kelas tanpa menggunakan metode Socrates terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi