Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas penggunaan model
pembelajaran Quantum Learning disertai Mind Mapping terhadap kemampuan
berpikir kreatif siswa MTsN 2 Kerinci, penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian ini adalah True
Experimental dengan Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh kelas VIII MTsN 2 Kerinci yang berjumlah 5 kelas. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, maka peneliti
mengambil 2 kelas dari 5 kelas yang ada, yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol
dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas
eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol pada saat posttest, skor pada kelas
kontrol pada indikator kelancaran (Fluency) persentasenya 56,66666667 % masuk
dalam kategori cukup, indikator keluwesan (flexibility) persentasenya
53,33333333 % masuk dalam kategori cukup, indikator kebaruan (originality)
persentasenya 61,9047619 masuk dalam kategori baik, dan untuk indikator
berpikir terperinci (elaboration) persentasenya 53,01587302 % masuk dalam
kategori cukup. Sedangkan untuk kelas eksperimen dapat diketahui skor
kemampuan berpikir kreatif siswa pada indikator kelancaran (fluency)
persentasenya 81,25 % masuk dalam kategori baik, keluwesan (flexibility)
persentasenya 65,55555556 % masuk dalam kategori baik, indikator kebaruan
(originality) persentasenya 69,58333333 % masuk dalam kategori baik, dan untuk
indikator berpikir terperinci (elaboration) persentasenya 84,4444444 % masuk
dalam kategori sangat baik. Setelah dilakukan analisis data diperoleh π‘βππ‘π’ππ =
5,67138176 > π‘π‘ππππ = 2,016 dengan simpangan baku 11,97311496. Hasil dari
perhitungan tersebut membuktikan bahwa harga π‘βππ‘π’ππ > π‘π‘ππππ sehingga π»1
diterima dan π»0 ditolak. Maka penggunaan model pembelajaran Quantum
Learning disertai Mind Mapping efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif
siswa MTsN 2 Kerinci.
Kata Kunci : Quantum Learning, Mind Mapping, Berpikir Kreatif
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI RENDA VIRONIKA.pdf8.93 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.