EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII MTsN 2 KERINCI

Submitted by admin on Fri, 01/19/2024 - 11:22
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas penggunaan model pembelajaran Quantum Learning disertai Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa MTsN 2 Kerinci, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian ini adalah True Experimental dengan Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN 2 Kerinci yang berjumlah 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, maka peneliti mengambil 2 kelas dari 5 kelas yang ada, yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol pada saat posttest, skor pada kelas kontrol pada indikator kelancaran (Fluency) persentasenya 56,66666667 % masuk dalam kategori cukup, indikator keluwesan (flexibility) persentasenya 53,33333333 % masuk dalam kategori cukup, indikator kebaruan (originality) persentasenya 61,9047619 masuk dalam kategori baik, dan untuk indikator berpikir terperinci (elaboration) persentasenya 53,01587302 % masuk dalam kategori cukup. Sedangkan untuk kelas eksperimen dapat diketahui skor kemampuan berpikir kreatif siswa pada indikator kelancaran (fluency) persentasenya 81,25 % masuk dalam kategori baik, keluwesan (flexibility) persentasenya 65,55555556 % masuk dalam kategori baik, indikator kebaruan (originality) persentasenya 69,58333333 % masuk dalam kategori baik, dan untuk indikator berpikir terperinci (elaboration) persentasenya 84,4444444 % masuk dalam kategori sangat baik. Setelah dilakukan analisis data diperoleh π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” = 5,67138176 > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ = 2,016 dengan simpangan baku 11,97311496. Hasil dari perhitungan tersebut membuktikan bahwa harga π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ sehingga 𝐻1 diterima dan 𝐻0 ditolak. Maka penggunaan model pembelajaran Quantum Learning disertai Mind Mapping efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa MTsN 2 Kerinci. Kata Kunci : Quantum Learning, Mind Mapping, Berpikir Kreatif
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis