Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui bagaimana tingkat literasi sains peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Negeri kota Sungai Penuh, Untuk mengetahui bagaimana tingkat literasi sains peserta didik kelas XII Madrasah Aliyah Negeri kota Sungai Penuh, dan untuk mengetahui bagaimana tingkat literasi sains peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Sungai Penuh. Penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif merupakan upaya dari pencarian ilmiah yang didasari oleh filsafat positivisme logical dengan aturan – aturan yang ketat (Watson, dalam Danim 2002). Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan disain cross-sectional survey design. Metode yang digunalkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang diguanakan dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI dan XII MIA Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 dan XI dan XII MIA Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sungai Penuh yang berjumlah 97 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil Penelitian: Tingkat literasi sains Peserta didik kelas XI MIA MAN 1 dan 2 Sungai Penh secara umum berada pada kategori sedang, dengan persentase 58,66% untuk MAN 1 dan 47,40% untuk MAN 2 Sungai Penuh. Tingkat literasi sains Peserta didik kelas XII MAN 1 dan MAN 2 Sungai Penuh , berasarkan soal PISA berada pada kategori sedang, dengan persentase masing-masing sebesar 62,62 % untuk MAN 1 dan 39% untuk kelas XII MIA MAN 2. Tingkat literasi sains Peserta didik MAN Sungai Penuh secara umum adalah sedang, dengan ratarata nilai sebesar 54,65 dengan soal paling banyak tidak dapat dijawab oleh Peserta didik adalah soal nonor 1, 2, dan 8