Salah satu cara yang dilakukan untuk memaksimalkan fungsi praktikum yang dilaksanakan dalam perkuliahan adalah melalui evaluasi program praktikum. Selama ini tidak pernah dilakukan evaluasi pada praktikum, yang terjadi hanya terfokus kepada pelaksaan praktikum itu sendiri. Ada banyak model evaluasi program yang dirancang oleh para ahli, model-model tersebut cenderung dikembangkan sesuai dengan tujuan pelaksanaan evaluasi salah satunya adalah model evaluasi program CSE-UCLA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui system assesment, program planning, program implementation dan program certification praktikum Botany phanerogamae mahasiswa jurusan tadris biologi IAIN Kerinci. Penelitian ini termasuk kedalam kategori penelitian kualitatif yang termasuk jenis metode studi kasus (case study). Untuk mendapatkan data model CSE-UCLA ini peneliti menggunakan studi (1) observasi, mengamati pelaksanaan praktikum Botany Phanerogamae, (2) wawancara, ketua jurusan, dosen pengampu, asisten praktikum dan mahasiswa, (3) dokumen, data tentang visi dan misi Jurusan, kerangka kualifikasi nasional indonesia Jurusan Tadris Biologi, tujuan praktikum yang terdapat di dalam penuntun praktikum Botany Phanerogamae, dan struktur organisasi Jurusan Tadris Biologi. Hasil yang didapat, pada tahapan system assessment penilaian sudah dimiliki dan dilaksanakan, walaupun terdapat kendala pada kurangnya perhatian mahasiswa terhadap lingkungan. Pada tahap program planning ini terfokus pada evaluasi terhadap kelayakan bentuk struktur organisasi Jurusan Tadris Biologi, evaluasi terhadap kesiapan kemampuan dosen dan asisten, saran dan prasarana serta pengelola labor dalam praktikum Botany Phanerogamae sudah dikatagorikan siap. Pada tahap program implementation sudah dilaksanakan dengan baik dan juga terstruktur. Pada program Improvement sudah dikategorikan efektif. Pada tahap program certification ini sudah berjalan dengan efektif dan sesuai dengan harapan dari Jurusan Tadris Biologi Institut Agama Islam Negeri Kerinci