Efektifitas pembelajaran berbasis stem untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Peserta didik pada pelajaran biologi Di SMPN 33 kerinci

Submitted by admin on Tue, 01/09/2024 - 10:47
Deskripsi/Abstract
Kemampuan berpikir kritis siswa SMPN 33 Kerinci dalam pembelajaran biologi masih kurang hal tersebut disebabkan karena kurangnya ketertarikan siswa dalam pembelajaran Salah satu alternatif yaitu dengan menerapkan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) yang merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan empat disiplin ilmu yaitu sains, teknologi, rekayasa ilmiah, dan matematika secara terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 33 Kerinci. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only-control. Hasil tes soal yang disebarkan diketahui kemampuan berpikir kritis siswa VIII SMPN 33 Kerinci pada kelas kontrol Tanpa menggunakan pendekatan STEM dengan kriteria sedang dengan Nilai Rata-rata 22,50. Hasil berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 33 Kerinci pada kelas Eksperiment Dengan menggunakan pendekatan STEM kriteria Sedang dengan Nilai Rata-rata 46,56. Perbedaan Nilai Rata-rata Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 33 Kerinci Pada kelas kontrol ( Tanpa menggunakan pendekatan STEM) dan Eksperiment (Dengan pendekatan STEM) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir dengan selisih nilai Rata-rata 24,06. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi