Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Guru mata pelajaran IPAS di MTs
Siulak Gedang masih banyak mengalami kesulitan dalam memahami RPP Kurikulum
merdeka. Guru mata pelajaran IPAS di MTs Siulak Gedang masih banyak yang tidak
bisa menyusun RPP Kurikulum merdeka. Kesulitan yang dialami oleh guru dalam
pelaksanaan adalah penilaian dalam evaluasi kurikulum merdeka. Tujuan Penelitian
ini adalah untuk mengetahui strategi menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi
RPP dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS di MTs Siulak Gedang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif yakni penelitian
yang dimaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang diamati oleh peneliti.
Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif yang menggambarkan hal yang
berkenaan dengan Kesiapan Guru Menerapkan RPP dalam Kurikulum merdeka Pada
Pembelajaran IPAS di MTs Siulak Gedang. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi. Informan penelitian ini adalah Kepala
Sekolah, Waka Kurikulum, Guru IPA dan Siswa. Teknik pengumpulan data
dilakukann dengan proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data
terdiri dari Reduksi Data, Data Display dan Verifikasi dan Penarikan Kesimpulan.
Teknik Keabsahan Data menerapkan teknik triangulasi sumber (data) dan triangulasi
metode untuk menguji keabsahan data yang berhubungan dengan masalah penelitian
yang diteliti oleh peneliti.
Hasil dan Pembahasan: Strategi dalam menyusun, melaksanakan, dan
mengevaluasi RPP dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS di MTs Siulak
Gedang bahwa RPP IPAS kurikulum merdeka mata pelajaran IPAS di MTs Siulak
Gedang bahwa dalam penerapan RPP IPAS kurikulum merdeka ini pada
pelaksanaannya sendiri masih belum maksimal. karena secara konseptual tidak ada
guru yang keberatan dengan pengembangan RPP IPAS kurikulum merdeka, karena
guru IPAS menyadari bahwa kurikulum selalu memerlukan pengembangan baru
sesuai dengan perkembangan revisi kurikulum ke depannya. Strategi guru dalam
menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi RPP IPAS kurikulum merdeka pada
pembelajaran IPAS di MTs Siulak Gedang sudah dilakukan tetapi masih belum
tersusun secara baik, dari segi pelaksanaan sudah dilaksanakan tetapi masih banyak
kekuranganya dan dari segi evaluasi guru tidak mengalami kesulitan karena masih
sama dengan kurikulum sebelumnya. Guru mata pelajaran IPAS sering menimbulkan
anggapan negatif karena dalam komitmen dan konsistensi penerapannya yang masih
rendah, Kemudian guru di MTs Siulak Gedang juga mengalami kesulitan dalam
menerapkan metode pembelajaran dengan pendekatan saintifik dikarenakan metode
pembelajaran ini menuntut siswa aktif mencari materi bukan hanya guru yang selalu
memberikan materi.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.