KESIAPAN GURU MENERAPKAN RPP DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI MTS SIULAK GEDANG

Submitted by admin on Thu, 03/07/2024 - 10:12
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Guru mata pelajaran IPAS di MTs Siulak Gedang masih banyak mengalami kesulitan dalam memahami RPP Kurikulum merdeka. Guru mata pelajaran IPAS di MTs Siulak Gedang masih banyak yang tidak bisa menyusun RPP Kurikulum merdeka. Kesulitan yang dialami oleh guru dalam pelaksanaan adalah penilaian dalam evaluasi kurikulum merdeka. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi RPP dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS di MTs Siulak Gedang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif yakni penelitian yang dimaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang diamati oleh peneliti. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif yang menggambarkan hal yang berkenaan dengan Kesiapan Guru Menerapkan RPP dalam Kurikulum merdeka Pada Pembelajaran IPAS di MTs Siulak Gedang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru IPA dan Siswa. Teknik pengumpulan data dilakukann dengan proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari Reduksi Data, Data Display dan Verifikasi dan Penarikan Kesimpulan. Teknik Keabsahan Data menerapkan teknik triangulasi sumber (data) dan triangulasi metode untuk menguji keabsahan data yang berhubungan dengan masalah penelitian yang diteliti oleh peneliti. Hasil dan Pembahasan: Strategi dalam menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi RPP dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS di MTs Siulak Gedang bahwa RPP IPAS kurikulum merdeka mata pelajaran IPAS di MTs Siulak Gedang bahwa dalam penerapan RPP IPAS kurikulum merdeka ini pada pelaksanaannya sendiri masih belum maksimal. karena secara konseptual tidak ada guru yang keberatan dengan pengembangan RPP IPAS kurikulum merdeka, karena guru IPAS menyadari bahwa kurikulum selalu memerlukan pengembangan baru sesuai dengan perkembangan revisi kurikulum ke depannya. Strategi guru dalam menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi RPP IPAS kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS di MTs Siulak Gedang sudah dilakukan tetapi masih belum tersusun secara baik, dari segi pelaksanaan sudah dilaksanakan tetapi masih banyak kekuranganya dan dari segi evaluasi guru tidak mengalami kesulitan karena masih sama dengan kurikulum sebelumnya. Guru mata pelajaran IPAS sering menimbulkan anggapan negatif karena dalam komitmen dan konsistensi penerapannya yang masih rendah, Kemudian guru di MTs Siulak Gedang juga mengalami kesulitan dalam menerapkan metode pembelajaran dengan pendekatan saintifik dikarenakan metode pembelajaran ini menuntut siswa aktif mencari materi bukan hanya guru yang selalu memberikan materi.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis