ANALISIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SMP NEGERI 11 SUNGAI PENUH DITENGAH PANDEMI COVID-19

Submitted by admin on Thu, 01/04/2024 - 11:43
Deskripsi/Abstract
Selama proses pembelajaran daring siswa tidak terlepas dari problematika yang ada dilingkungan belajar, dan hal yang kerap kali dialami siswa salah satunya adalah rasa bosan saat belajar. Rasa bosan selama proses pembelajaran daring dapat membuat kejenuhan dalam belajar itu sendiri. Kejenuhan yang terjadi secara terus menerus menyebabkan hilangnya konsentrasi siswa dalam proses belajar. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apa saja aspek-aspek kejenuhan belajar yang dirasakan oleh siswa saat pembelajaran daring, 2) Apa saja faktor- faktor penyebab terjadinya kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa saat pembelajaran daring. 3) Apa saja karakteristik-karakteristik kejenuhan belajar yang ditunjukan oleh siswa saat pembelajaran daring. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang subjek penelitian nya adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 11 Sungai Penuh. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Aspek-aspek kejenuhan belajar yang dirasakan oleh memiliki berbagai macam respon terhadap pembelajaran. Respon yang ditunjukan oleh siswa yang mengalami kejenuhan dalam pembelajaran daring yaitu meliputi kesulitan siswa dalam berkonsentrasi, kesulitan dalam membuat keputusan, merasa terbebani oleh banyaknya tugas yang di berikan oleh guru sehingga siswa merasakan kehilangan semangat, minat, dan ketidakpuasan dalam pembelajaran. 2) Faktor- faktor penyebab terjadinya kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa saat daring yaitu meliputi faktor internal dan faktor internal. Faktor internal dalam kejenuhan belajar saat pembelajaran daring yaitu terdiri dari kelelahan. Faktor ekternal yang menyebabkan siswa merasakan kejenuhan yaitu lingkungan belajar yang tidak kondusif tidak ada interaksi antara guru dan siswa, dan pembelajaran yang terlalu monoton sehingga menimbulkan terjadinya macam-macam bentuk kejenuhan (aspek-aspek) saat pembelajaran daring dilaksanakan. 3) Karakteristik-karakteristik yang ditunjukan siswa saat mengalami kejenuhan belajar yaitu respon belajar dari siswa semakin hari semakin menurun, merasa belum puas terhadap materi yang diberikan guru, dan dalam mengumpulkan tugas tidak semua siswa yang mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis