Deskripsi/Abstract
Selama proses pembelajaran daring siswa tidak terlepas dari
problematika yang ada dilingkungan belajar, dan hal yang kerap kali
dialami siswa salah satunya adalah rasa bosan saat belajar. Rasa bosan
selama proses pembelajaran daring dapat membuat kejenuhan dalam
belajar itu sendiri. Kejenuhan yang terjadi secara terus menerus
menyebabkan hilangnya konsentrasi siswa dalam proses belajar. Skripsi
ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apa saja aspek-aspek kejenuhan
belajar yang dirasakan oleh siswa saat pembelajaran daring, 2) Apa saja
faktor- faktor penyebab terjadinya kejenuhan belajar yang dialami oleh
siswa saat pembelajaran daring. 3) Apa saja karakteristik-karakteristik
kejenuhan belajar yang ditunjukan oleh siswa saat pembelajaran daring.
Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif, yang subjek penelitian nya adalah siswa kelas VIII
A SMP Negeri 11 Sungai Penuh. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa:
1) Aspek-aspek kejenuhan belajar yang dirasakan oleh memiliki berbagai
macam respon terhadap pembelajaran. Respon yang ditunjukan oleh siswa
yang mengalami kejenuhan dalam pembelajaran daring yaitu meliputi
kesulitan siswa dalam berkonsentrasi, kesulitan dalam membuat
keputusan, merasa terbebani oleh banyaknya tugas yang di berikan oleh
guru sehingga siswa merasakan kehilangan semangat, minat, dan
ketidakpuasan dalam pembelajaran. 2) Faktor- faktor penyebab terjadinya
kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa saat daring yaitu meliputi faktor
internal dan faktor internal. Faktor internal dalam kejenuhan belajar saat
pembelajaran daring yaitu terdiri dari kelelahan. Faktor ekternal yang
menyebabkan siswa merasakan kejenuhan yaitu lingkungan belajar yang
tidak kondusif tidak ada interaksi antara guru dan siswa, dan pembelajaran
yang terlalu monoton sehingga menimbulkan terjadinya macam-macam
bentuk kejenuhan (aspek-aspek) saat pembelajaran daring dilaksanakan. 3)
Karakteristik-karakteristik yang ditunjukan siswa saat mengalami
kejenuhan belajar yaitu respon belajar dari siswa semakin hari semakin
menurun, merasa belum puas terhadap materi yang diberikan guru, dan
dalam mengumpulkan tugas tidak semua siswa yang mengumpulkan tugas
yang diberikan oleh guru.
Koleksi
Subject
Files
FILE TANDA TANGAN PDF.pdf3.42 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.