Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya perbaikan penuntun praktikum taksonomi tumbuhan tingkat tinggi, perlunya pengembangan penuntun praktikum pada mata kuliah taksonomi tumbuhan tingkat tinggi berbasis scientific approach. Tujuan pengembangan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengambangan, validasi, dan hasil pengembangan penuntun praktikum biologi pada mata kuliah taksonomi tumbuhan tingkat tinggi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and development) dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metodologi data kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode survei. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analisis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli materi, validasi ahli desain, validasi ahli bahasa, dinyatakan dengan kategori sangat layak, hasil responden dosen dan rata-rata hasil responden mahasiswa dinyatakan dengan kategori sangat layak. Hasil pengembangan penuntun praktikum berupa penuntun yang sudah layak digunakan setelah melalui proses revisi dan validasi oleh para ahli.