Deskripsi/Abstract
Selama masa pandemi covid 19 SMP Negeri 26 Kerinci mengupayakan
pelaksanaan pembelajaran secara daring atau PJJ untuk mendukung upaya pemerintah
dalam memutus rantai penyebaran virus corona. Namun, dari hasil studi pendahuluan
diketahui bahwa prestasi belajar IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 26 Kerinci masih
rendah dikarenakan sulitnya siswa dalam mengoperasikan aplikasi dalam pembelajaran
daring sehingga pembelajaran tidak dapat diikuti dengan baik. Oleh karena itu, maka
digunakan pembelajaran daring via Whatsapp yang dianggap dapat membantu siswa
dalam proses pembelajaran karena kemudahan dalam penggunaannya serta fitur-fitur
yang tergolong lengkap dan menarik dalam mendukung proses pembelajaran IPA di kelas
VIII.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring via
Whatsapp terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII SMP
Negeri 26 Kerinci. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen,
sedangkan desain yang digunakan yaitu posttest control only group desain. Adapun
teknik pengumpulan data yaitu instrumen tes soal pilihan ganda pada materi sistem
pernafasan. Sedangkan teknik analisa data yaitu menggunakan uji Independen Sampel T
Test dengan menggunakan aplikasi SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat diketahui bahwa: 1)
Pembelajaran daring via whatsapp di kelas VIII pada mata pelajaran IPA konsep Sistem
Pernapasan Manusia memuat kegiatan pembuka, inti, dan penutup. Kemudian fitur yang
digunakan yaitu fitur foto, video, dokumen, Group WhatsApp, dan call (telpon) secara
langsung; 2) Kendala dalam pembalajaran daring via WhatsApp yaitu gangguan sinyal
yang mengakibatkan whatsApp akan sulit diakses, kendala lain memori handpone yang
cepat penuh dengan dokumen yang masuk, tidak semua peserta didik memiliki alat
pendukung pembelajaran online saat ini. Sedangkan, solusi mengatasi hambatan dalam
pembalajaran daring via WhatsApp yang harus dilakukan adalah dengan meminimalisir
semua kendala baik dari gangguan jaringan dengan memperpanjang jangka waktu
pengiriman tugas, serta membuat materi pambelajaran lebih sederhana dan mudah
dimengerti agar tidak mempercepat penuhnya memori; dan 3) Berdasarkan hasil output
spss 16.0 diperoleh Asymp. Sig (2-tailed) kelompok posttest sebesar 0,000 > 0,05 dan
Thitung = [7,495] > Ttabel (α=0,05; df=21) = 1,7207 artinya terdapat perbedaan yang
signifikan antara prestasi belajar siswa dengan pembelajaran daring via whatsapp dan
pembelajaran tatap muka pada matapelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 26 Kerinci.
Namun, Pembelajaran tatap muka lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran daring
via whatsapp. Dengan demikian, hal ini membuktikan tidak terdapat pengaruh yang
signifikan dari penerapan pembelajaran daring via Whatsapp terhadap prestasi belajar
IPA di kelas VIII SMP Negeri 26 Kerinci.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.