PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MODEL NOMINAL GROUP DISERTAI PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Fri, 05/19/2023 - 09:44
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yaitu hasil belajar siswa menurun dibuktikan dengan banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam memahami materi yang diajarkan guru. Untuk mengetahui hasil belajar IPA peserta didik sebelum menggunakan Model Nominal Group disertai Peta Konsep Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Sungai Penuh. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Peserta Didik sebelum menggunakan model nominal group disertai peta konsep dengan sesudah menggunakan model nominal group disertai peta konsep, peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Sungai Penuh. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Method adalah penelitian yang dilaksanakan pada suatu kelompok peserta didik (eksperimen) tanpa ada kelompok perbandingan alau kelompok kontrol. Siswa yang terindikasi memiliki Kompetensi Pengetahuan rendah di kelas VIII di SMP negeri 11 Sungai Penuh 20 orang siswa. Hasil dalam penelitian ini adalah Peningkatan Hasil belajar Peserta Didik Melalui Metode Nominal Group disertai Peta Konsep dalam pembelajaran biologi Kelas VIII SMP Negeri 11 Sungai Penuh diperoleh dengan nilai kelas Pretest diperoleh nilai rata- rata 60sedangkan posstes diperoleh nilai rata-rata 73.5, hasil ini mengalami peningkatan mengalami peningkatan pada tingkat hasil belajar siswa dan hasil perhitungan N-Gain pada pretest dan posstest memiliki skor N-Gain sebesar 0,33 dengan kategori rendah. Sedangkan pengaruh Penerapan menggunakan metode Nominal Group disertai Peta Konsep terhadap Hasil Belajar menunjukkan bahwa Hasil uji t diperoleh nilai. (2-tailed) = 0.001 < α = 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima dimana terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah dilakukan perlakuan. Selain itu, diketahui juga bahwa rata-rata skor hasil belajar setelah perlakuan lebih besar dari rata-rata skor hasil belajar sebelum perlakuan (60,00) dan setelah perlakuan 73,50. Dengan demikian, terbukti bahwa dalam penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga Metode Nominal Group disertai Peta Konsep berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Sungai Penuh.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis