Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Kombinasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Dengan Picture Puzzle pada mata pelajaran Biologi terhadap aktifitas siswa Di SMPN 4 Sungai Penuh. Penelitian ini di lakukan karena peserta didik kurang aktif dalam berkelompok, tanya jawab, kurang kreatif dan kurangnya tanggung jawab dalam berkelompok. Hal ini menjadi acuan peneliti dalam memilih penelitian di SMPN 4 Sungai Penuh pada mata pelajaran Biologi pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah keefektivan model pembelajaran Time Token dikombinasikan dengan Picture Puzzle yang di terapkan pada materi Sistem Peredaran Darah di SMPN 4 Sungai penuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif, di lakukan dengan menggunakan angka, Pengolahan statistik, struktur dan percobaan terkontrol. Dengan jenis penelitian quasi eksperimental design. Metode pengumpulan data Observasi, Kuisioner/Angket dan Dokmentasi. Teknik analisis data di mulai dengan penelitian lapangan (Field Research). Penelitian lapangan adalah penelitian yang dimaksudkan untuk memperoleh data primer melalui pengamatan observasi, hasil kuisioner atau angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanan kompetensi dasar mata pelajaran biologi pada materi sistem Peredaran Darah Manusia terlaksana dengan baik, guru memberikan dan mengalokasikan waktu serta materi dengan baik seperti membagikan setiap indikator yang akan dicapai sesuai pertemuan, kendala dalam Pembelajaran Model Time Token dengan Picture Puzzle adalah mengalokasikan waktu penggunaan dengan semaksimal mungkin, solusi dalam Model Time Token dengan Picture Puzzleyaitu menambahkan media pembelajaran untuk meningkatkan keterfokusan siswa dan untuk alokasi waktu peserta didik diberikan tanggung jawab untukk menyelesaikan masalah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Kombinasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dengan Picture Puzzle pada mata pelajaran biologi di SMPN 4 Sungai Penuh dapat digunakan pada mata pelajaran Biologi dapat meningkatakan keaktifan dalam berkelompok, meningkatkan tanya jawab, kreatifitas, tanggung jawab dalam berkelompok.