Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran biologi siswa kelas X SMAN 1 sungai penuh. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran biologi siswa SMAN 1 sungai penuh. Tempat penelitian yang dilakukan di SMAN 1 yang terdiri dari 5 kelas yaitu : kelas X-H, X-I, X-J, X-K dan X-L dengan sampel penelitian berjumlah 150 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kolerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; Terdapat hubungan antara efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran biologi siswa kelas X SMAN 1 sungai penuh menunjukkan adanya hubungan positif signifikan dengan tingkat hubungan pada kategori sangat kuat (r = 0,894). Tingkat hubungan koefisien kolerasi sangat kuat terletak pada interval antara 0,80-1,000.