IMPLEMENTASI MODEL TREFFINGER PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 12 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 09:27
Deskripsi/Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses penerapan model treffingger dalam pembelajaran IPA khusus nya biologi di sekolah menengah pertama negeri 12 sungai penuh, dan mengetahui kendala dalam penerapan model pembelajaran treffingger di sekolah menengah pertama negeri 12 sungai penuh, serta mengetahui solusi yang dilakukan dalam penerapan pembelajaran treffingger di sekolah menengah pertama negeri 12 sungai penuh. Kesimpulannya pertama Model treffinger dalam pembelajaran IPA khususnya biologi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Sungai Penuh ada diterapkan dengan mengikuti tahapan seperti Mengelompokkan Siswa, Menentukan tujuan, Menggali data, Mengidentifikasi Masalah/Perumusan Masalah, Memunculkan gagasan, Mengumpulkan informasi, Analisis Data, Membuat Kesimpulan. Kedua Kendala penerapan model treffinger dalam pembelajaran diantaranya: membutuhkan waktu yang banyak, beberapa tahapan sulit dipahami oleh peserta didik, dan media pembelajaran yang tidak memadai untuk mendukung kegiatan pembelajaran. ketiga Solusi dari permasalahan yang dihadapi dala menerapkan model treffinger di ntaranya mengoptimalkan waktu dalam penerapan model triffinger, menyederhanakan tahapannya, dan mendorong keaktifan belajar siswa.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis