PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK (5M) PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN KELAS XI MIA SMA NEGERI 7 KERINCI

Submitted by admin on Wed, 06/12/2024 - 10:20
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: penilaian guru mata pelajaran terhadap media pembelajaran E-Modul berbasis Pendekatan Saintifik (5M), untuk mengembangkan media pembelajaran E-Modul berbasis Pendekatan Saintifik (5M), untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran E-Modul berbasis Pendekatan Saintifik (5M), yang dikembangkan di SMA Negeri 7 Kerinci. Perancangan dan pembuatan bahan ajar E-Modul ini menggunakan pendekatan dan pengembangan Research and Development (R&D). Penelitian R&D merupakan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk dengan menguji keefektifan dari produk tersebut dan untuk mengembangkan E-Modul pada materi jaringan tumbuhan dengan menggunakan model pengembangan yang mengadopsi dari pengembangan perangkat 4-D (four-D Models). Prosedur-prosedur dalam metode ini akan melahirkan suatu produk yang lebih baik, sebagaimana yang disinggung salah satu sumber diatas yaitu efektif. Hasil penelitian: proses pengembangan media pembelajaran E-Modul berbasis Pendekatan Saintifik (5M) dilakukan dengan tahapan: (a) Tahap Define, terdiri dari front end analysis (analisis ujung depan), learner analysis (analisis siswa), task analysis (analisis tugas), concept analysis (analisis konsep), dan specifying intructional objectives (perumusan tujuan pembelajaran). (b) Tahap Design, terdiri dari penyususnan tes kriteria, memilih media pembelajaran, memilih bentuk penyajian, dan mendesain produk yang akan dikembangkan. (c) Tahap Develop atau pengembangan, terdiri dari mambangun konten, pengembangan media, melakukan revisi formatif, dan uji coba produk. Dalam proses pengembangan dilakukan validasi dan praktikalitas. Tahap validasi media pembelajaran E-Modul berbasis Pendekatan viii Saintifik (5M) dilakukan oleh 2 orang dosen, yakni ahli media dan ahli materi, sehingga diperoleh tingkat kevalidan dengan rata-rata nilai 87,5 dengan kategori “Sangat Valid”. Tahap praktikalitas juga dilakukan oleh 2 orang guru, sehingga diperoleh rata-rata nilai 86,8 dan dinyatakan dalam kategori “Sangat Praktis”.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi