Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui peranan guru untuk
meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA kelas VIII B
SMP Negeri 11 Sungai Penuh karena mereka beranggapan bahwa pembelajaran
IPA adalah salah satu mata pelajaran yang cukup sulit sehingga peserta didik
kurang tertarik dan kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran IPA.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan
pendekatan dalam penelitian ini penulis menggunakan menggunakan pendekatan
deskriptif yaitu suatu penelitian yang diusahakan agar mengamati kondisi
permasalahan secara akurat dan sistematis mengenai fakta dan sifat objek tertentu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan minat
belajar siswa di kelas VIII B SMP Negeri 11 Sungai Penuh adalah yang pertama,
guru sebagai pengajar dalam proses pembelajaran IPA, guru sebagai pembimbing
membantu peserta didik yang mengalami kesulitan memahami pembelajaran IPA,
guru sebagai pengelola kelas yang dapat melihat situasi dan kondisi peserta didik
agar tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran IPA dengan dengan cara
menggunakan metode yang berbeda-beda yang membuat peserta didik kembali
semangat mengikuti pembelajaran, guru sebagai demonstrator dapat menunjukkan
atau mempraktekan langsung bagaimana cara memperkenalkan dalam
menyampaikan materi sehingga peserta didik mudah memahami materi yang
disampaikan, guru sebagai motivator yang mampu menumbuhkan minat dan
semangat peserta didik dengan cara guru memberikan angka(nilai), memberikan
pujian, memberikan tugas, dan memberikan metode-metode yang berbeda. Peserta
didik berminat dalam pembelajaran IPA dinilai sangat bagus dan tinggi, terlihat
dari rasa senang yang membuat peserta didik selalu hadir dan aktif ketika
diberikan kesempatan bertanya, fokus dan mendengarkan penjelasan dari guru,
selalu mencatat materi pembelajaran, tidak membuat keributan selama
pembelajaran berlangsung serta berpartisipasi ketika ada diskusi kelompok
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.