Pengelolaan Pembelajaran Ipa Di Kelas Vii Smp Negeri 4 Kerinci

Submitted by admin on Tue, 01/23/2024 - 10:42
Deskripsi/Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana perencanaan pengelolaan pembelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 4 Kerinci? (2) Pelaksanaan pengelolaan pembelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 4 Kerinci. (3) Evaluasi pengelolaan pembelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 4 Kerinci. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis kualitatif deskriptif. Adapun jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa dalam pengelolaan pelaksanaan pembelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 4 Kerinci, yaitu: (1) Proses perencanaan pembelajaran IPA di kelas VII SMP negeri 4 Kerinci yaitu proses penyusunan kerangka dan desain pembelajran untuk menyiapkan RPP dan silabus yang berpedoman pada kurikulum 2013. (2) Pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 4 Kerinci dapat dilakukan dalam 3 tahap, yaitu tahap pendahaluan melalui aktivitas motivasi dan apersepsi, tahap kegiatan inti melalui aktivitas bertanya, pengamatan, menemukan konsep, eksperimen, diskusi kelompok, dan presentasi kelompok, sedangkan tahap penutup melalui aktivitas penguatan dan pemberian tugas. (3) Tahap evaluasi pembelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 4 Kerinci dilakukan melalui proses analisis informasi dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti sarankan dalam mengelola pembelajaran IPA dapat memperhatikan perencanaan, pelaksanaan, dan evluasi yang lebih optimal dan melaksanakan langkah-langkah pembelajaran yang lebih berorientasi pada siswa.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis