Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Mengetahui pencapaian kompetensi Pengetahuan peserta didik sebelum menggunakan metode Peer Lesson dalam pembelajaran di kelas X SMA Negeri 6 Kerinci. Mengetahui pencapaian kompetensi Pengetahuan peserta didik setelah menggunakan metode Peer Lesson dalam pembelajaran di kelas X SMA Negeri 6 Kerinci. Mengetahui peningkatan Kompetensi Pengetahuan peserta didik dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan metode Peer Lesson peserta didik di Kelas X SMA Negeri 6 Kerinci Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Method adalah penelitian yang dilaksanakan pada suatu kelompok peserta didik (eksperimen) tanpa ada kelompok perbandingan alau kelompok kontrol. Siswa yang terindikasi memiliki Kompetensi Pengetahuan rendah di kelas XA di SMA Negeri 6 Kerinci yag berjumlah 25 orang siswa. Hasil Penelitian: Peningkatan Kompetensi Pengetahuan Peserta Didik Melalui Metode Peer Lesson dalam pembelajaran biologi Kelas X SMA Negeri 6 Kerinci diperoleh dengan nilai kelas Pretest diperoleh nilai rata-rata 67,04 sedangkan posstes diperoleh nilai rata-rata 78,96, hasil ini mengalami peningkatan mengalami peningkatan pada tingkat kompetensi pengetahuan siswa dan hasil perhitungan N-Gain pada pretest dan posstest memiliki skor N-Gain sebesar 0,33 dengan kategori sedang.