Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan diluar sekolah sepanjang hayat, untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat di masa yang akan datang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang berusaha untuk memutarkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data yang kemudian disajikan, dianalisis dan diinterpretasikan. Penelitian deskriptif berusaha memberikan dengan sistematis dan cermat. Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Keteladanan di Sekolah Dasar Negeri 209 Masgo Jaya sesuai dengan tujuan untuk membina Akhlak dalam hal keteladanan ini yaitu mendorong anak-anak tumbuh dan berkembang untuk melakukan hal yang terbaik dan membekali siswa dan memberi contoh keteladanan kepada seluruh siswa sesuai dengan ajaran islam. Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar 209 Masgo Jaya, untuk menerapkan pembiasaan kepada siswa itu dilakukan dengan memberikan berbagai metode pembelajaran sebagai terbentuknya Akhlak yang positif, meningkatkan pembiasaan akhlak yang positif, dan juga agar peserta didik dapat melalui pembelajaran dengan situasi yang baik dan menyenangkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan, bahwa pembinaan akhlak siswa melalui keteladanan dan pembiasaan di Sekolah Dasar Negeri 209 Masgo Jaya sesuai dengan tujuan untuk membina akhlak dalam hal keteladanan ini yaitu mendorong anak-anak tumbuh dan berkembang untuk melakukan hal yang terbaik dan membekali siswa dan memberi contoh keteladanan kepada seluruh siswa sesuai dengan ajaran islam Kata Kunci : Pembinaan, Akhlak, Keteladanan dan Pembiasaan