Pendidikan sekolah tidak terlepas dari proses belajar mengajar yang merupakan perencanaan secara sistematis yang dibuat oleh guru dalm bentuk satuan pelajaran. Kemampuan pemahaman konsep Biologi peserta didik kelas VIII MTsN 2 Kerinci masih banyak yang mendapat nilai kurang dari kriteria ketuntasan minimum (KKM) pada mata pelajaran Biologi. Nilai rata-rata dan kriteria ketuntusan minimum (KKM) pada nilai ulangan harian biologi semester ganjil kelas VIII A 65,87, kelas VIII B 66,87, kelas VIII C 61,96, kelas VIII D 65 masih dalam kategori rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini diperoleh nilai ratarata kelas kontrol yang tidak menggunakan media model 3D Pageflip 78,00 dengan standar deviasi 9,23. Peserta didik yang aktifitas belajar kelas eksperimen dengan menggunakan media 3D Pageflip diperoleh nilai rata-rata 84,75, dengan standar deviasi 10,06. Selain itu terlihat bahwa hasil belajar tes akhir peserta didik menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar 84,75 dengan simpangan baku 10,06. Sehingga terdapat pengaruh antara yang menggunakan media 3D Pageflip dengan yang tidak menggunakan media 3D Pageflip, yang mana nilai rata-rata biologi peserta didik yang menggunakan media 3D Pageflip lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media 3D Pageflip