EVALUASI EFEKTIVITAS TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING PADA MATA KULIAH BOTANI CRYPTOGAMAE DENGAN MODEL EVALUASI CSE-UCLA DI JURUSAN TADRIS BIOLOGI IAIN KERINC

Submitted by admin on Fri, 01/28/2022 - 10:13
Deskripsi/Abstract
Corona Virus membuat Pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan dalam mengatasi masalah, seperti isolasi, social and physical distancing hingga pembatasan sosial berskala besar (PSBB). IAIN menerapkan perkuliahan berbasis E-Learning, namun penilaian masih dilakukan secara formatif dan sumatif, model evaluasi ini pada dasarnya akan membuka peluang pada mahasiswa untuk melakukan kecurangan, dan penilaian yang dialami oleh mahasiswa hanya dilakukan di akhir perkuliahan tanpa mengamati bagaimana mereka berproses. Untuk itu dilakukan model variasi evaluasi, salah satu model yang dapat diterapkan adalah CSE-UCLA. Evaluasi model CSE-UCLA merupakan model evaluasi yang terarah, yang dapat menilai secara kesuluruhan proses perkuliahan e-learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil evaluasi perkuliahan e-learning botani cryptogamae jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci melalui system assessment berdasarkan model evaluasi CSE-UCLA, untuk memperoleh hasil evaluasi perkuliahan e-learning botani cryptogamae jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci melalui program planning berdasarkan model evaluasi CSE-UCLA, untuk memperoleh hasil evaluasi perkuliahan e-learning botani cryptogamae jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci melalui program implementation berdasarkan model evaluasi CSE-UCLA, untuk memperoleh hasil evaluasi perkuliahan e-learning botani cryptogamae jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci melalui program improvement berdasarkan model evaluasi CSE-UCLA, dan untuk memperoleh hasil evaluasi perkuliahan e-learning botani cryptogamae jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci melalui program certification berdasarkan model evaluasi CSE-UCLA. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods. Penelitian ini menggabungkan dua jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, fenomena yang diteliti adalah tentang kualitas evaluasi model CSE-UCLA ditelusuri melalui mahasiswa yang telah melaksanakan perkuliahan e-learning botani cryptogamae berdasarkan tahap-tahap model tersebut. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang dilakukan menghasilkan hasil berupa angka-angka, hasil tersebut didapat dari pengisian angket. Hasil evaluasi perkuliahan e-learning botani cryptogamae jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci melalui model evaluasi CSE-UCLA, melalui system assesment menunjukkan bahwa tujuan dari pelaksanaan e-learning botani cryptogamae telah tercapai dengan baik, melalui program planning menunjukkan bahwa kesiapan dosen dalam pelaksanaan perkuliahan ini sudah matang dan berada pada kategori baik, melalui program implementation menunjukkan bahwa sosialisasi yang dilakukan oleh pihak kampus tentang perkuliahan e-learning telah berjalan dengan baik dang menghasilkan yang baik pula, melalui program improvement menunjukkan proses perkuliahan telah berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat dari hasil analisis efektivitas perkuliahan e-learning, melalui program certification menunjukkan tingkat ketercapaian perkuliahan e-learning ini sangat tinggi hal ini disebabkan oleh keterlibatan mahasiswa dalam perkuliahan.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi