Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengunaan kurikulum merdeka di SMA negeri 4 kota sungai penuh di mana SMA negeri 4 kota sungai penuh merupakan salah satu sekolah di kota sungai penuh yang sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar, penelitian ini mengunkan metode kualitatif dan dalam mengumpulan data peneliti mengunakan wawancara dan juga observasi serta dokumentasi dimana peneliti mengobservasi didalam kelas dan juga peneliti mewawancarai wakil kurikulum, guru biologi, dan juga siswa kelas X, ada pun pertanyan penelitian ini yaitu bagaimanakan penerapan serta pelaksaan pembelajaran biologi di tinjau dari perangkat pembelajaran , Bagaimana persepsi guru biologi terhadap perangkat pembelajaran biologi , Bagaimana persepsi siswa dalam proses penerapan kurikulum merdeka belajar , hasil dari penelitian ini menunjukan di SMA negeri 4 kota sungai penuh Penerapan Proses Pembelajaran Yang di lakukan oleh guru sudah dilaksanakan dengan baik Namun kerurangan dan kesulitan yang terdapat dalam kurikulum ini tidak adanya penjurusan yang membuat siswa merasakan kesulitan dalam pembelajaran,