Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode praktikum dapat
meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan proses sains pada mata pelajaran
biologi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Quasy-experimental
design dengan model randomized two-group design. Analisis data menggunakan
angket dan tes dengan sampel berjumlah 68 orang peserta didik kelas XI MIPA 4 dan
XI MIPA 7 SMAN 1 Sungai Penuh. Hasil penelitian dengan menggunakan angket
pada sikap ilmiah diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen sebesar 90,65 %
sedangkan pada kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata sebesar 78,1 %, kemudian
menggunakan uji parametrik dengan uji independent sample test yaitu terhadap
perbedaan yang signifikan antara sikap ilmiah pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol dibuktikan dengan hasil uji t yang telah dilakukan, dimana nilai Sig. (2-
tailed) yang diperoleh sebesar 0,000, nilai tersebut lebih kecil daripada nilai
signifikan yang telah ditetapkan yaitu 0,05. Hasil penelitian dengan menggunakan tes
pada keterampilan proses sains diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen sebesar
93,87% sedangkan pada kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata sebesar 85,21 %,,
kemudian menggunakan uji parametrik dengan uji independent sample test yaitu
terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap ilmiah pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol dibuktikan dengan hasil uji t yang telah dilakukan, dimana nilai Sig. (2-
tailed) yang diperoleh sebesar 0,000, nilai tersebut lebih kecil daripada nilai
signifikan yang telah ditetapkan yaitu 0,05. Sehingga pada sikap ilmiah dan
keterampilan proses sains dapat diterapkan dengan menggunakan metode praktikum
di kelas XI MIPA 7 di SMAN 1 Sungai Penuh.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.