Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode praktikum dapat meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan proses sains pada mata pelajaran biologi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Quasy-experimental design dengan model randomized two-group design. Analisis data menggunakan angket dan tes dengan sampel berjumlah 68 orang peserta didik kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 7 SMAN 1 Sungai Penuh. Hasil penelitian dengan menggunakan angket pada sikap ilmiah diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen sebesar 90,65 % sedangkan pada kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata sebesar 78,1 %, kemudian menggunakan uji parametrik dengan uji independent sample test yaitu terhadap perbedaan yang signifikan antara sikap ilmiah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dibuktikan dengan hasil uji t yang telah dilakukan, dimana nilai Sig. (2- tailed) yang diperoleh sebesar 0,000, nilai tersebut lebih kecil daripada nilai signifikan yang telah ditetapkan yaitu 0,05. Hasil penelitian dengan menggunakan tes pada keterampilan proses sains diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen sebesar 93,87% sedangkan pada kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata sebesar 85,21 %,, kemudian menggunakan uji parametrik dengan uji independent sample test yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap ilmiah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dibuktikan dengan hasil uji t yang telah dilakukan, dimana nilai Sig. (2- tailed) yang diperoleh sebesar 0,000, nilai tersebut lebih kecil daripada nilai signifikan yang telah ditetapkan yaitu 0,05. Sehingga pada sikap ilmiah dan keterampilan proses sains dapat diterapkan dengan menggunakan metode praktikum di kelas XI MIPA 7 di SMAN 1 Sungai Penuh.