HUBUNGAN STATUS MENIKAH PADA MAHASISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI JURUSAN TADRIS BIOLOGI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KERINCI

Submitted by admin on Thu, 03/21/2024 - 12:06
Deskripsi/Abstract
MEZA NOPIANTI,2021 : Hubungan Status Menikah Pada Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar Di Jurusan Tadris Biologi Institut Agama Islam Negeri KerinciKeluarga merupakan lembaga sosial yang sangat penting dalam masyarakat. Untuk membentuk keluarga dibutuhkan suatu proses yang disebut pernikahan, dimana pernikahan adalah suatu pola sosial yang disetujui dengan cara, dimana dua orang atau lebih membentuk keluarga. pernikahan merupakan jalan atau proses untuk membentuk keluarga. Apabila sebuah pernikahan sudah terwujud maka tugas-tugas atau fungsi-fungsi keluarga harus dipenuhi. Jika pemenuhan fungsi keluarga tidak tercapai akan menimbulkan disintegrasi dalam keluarga. Jika kita melihat dalam dunia pendidikan, hampir di setiap perguruan tinggi terdapat sejumlah mahasiswa yang telah menikah. fenomena patut untuk di telusuri, karena kita mengetahui bahwa antara pendidikan dan menikah adalah dua hal yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) motivasi Mahasiswa masih tetap melanjutkan perkuliahan walaupun sudah berstatus menikah. (2) Mengetahui hubungan status menikah pada mahasiswa terhadap motivasi belajar pada Jurusan Tadris Biologi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan pendekatan yanang digunakan adalah korelasonal dengan subjek penelitian adalah mahasiswa tadris biologi yang telah menikah semester3,5,dan 7. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan kuisioner.Hasil penelitian menujukkan bahwa adanya korelasi yang sangat kuat dan positif antara Status Mahasiswa Menikah dengan Motivasi Belajar Mahasiswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,470 dan nilai signifikansi 0,000 (sig < 0,01). hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi skor Status Mahasiswa Menikah maka semakin tinggi pula skor motivasi belajar mahasiswa.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis