HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN TADRIS BIOLOGI IAIN KERINCI

Submitted by admin on Fri, 02/11/2022 - 09:16
Deskripsi/Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada 189 mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci yang bermain game yang dipilih secara acak, masalah yang terdapat pada mahasiswa yang bermain game yaitu mahasiswa tertarik bermain game dan waktu mereka banyak dihabiskan untuk bermain game dibanding mengerjakan tugas kuliah. Dari permasalahan diatas peneliti untuk mengetahui intensitas bermain game mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci, intensitas bermain game mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci berdasarkan jenis kelamin, intensitas bermain game mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci berdasarkan jenis game yang sering dimainkan, tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci, tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci berdasarkan jenis kelamin, untuk mengetahui hubungan intensitas bermain game dengan prokrastinasi akademik mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci dan hubungan masing-masing dimensi antara intensitas bermain game dengan masing-masing dimensi prokrastinasi akademik mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci. Penelitian dilakukan pada mahasiswa IAIN Kerinci. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci yang bermain game sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 189 mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci didapatkan bahwa melalui hasil angket intensitas bermain game mahasiwa tergolong sedang dengan presentase sebesar 46,56% Dengan nilai rata-rata berdasarkan jenis kelamin lebih tinggi lakilaki sebesar 48,3 rata-rata dengan jenis game yang sering dimainkan mahasiswa bermacam-macam dari offline hingga online. Dan melalui hasil angket tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa tergolong tinggi dengan presentase sebesar 42,85% dengan nilai rata-rata berdasarkan jenis kelamin lebih tinggi laki-laki sebesar 80,2 rata-rata. Data uji korelasi didapatkan signifikansi intensitas bermain game dengan prokrastinasi akademik sebesar 0,000, kedua angka tersebut dibawah 0,05 menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara intensitas bermain game dengan prokrastinasi akademik mahasiswa. Dan hasil uji korelasi setiap indikator terdapat bahwa hubungan antara indikator variabel intensitas bermain game dengan prokrastinasi akademik dari 16 uji korelasi setiap indikator, hanya ada satu indikator yang tidak berkorelasi yaitu pada indikator lama waktu dengan indikator keterlambatan dalam mengerjakan tugas. Selebihnya berkorelasi.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi