PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KERINCI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Submitted by admin on Mon, 01/31/2022 - 08:49
Deskripsi/Abstract
Media pembelajaran merupakan sarana yang digunakan sebagai alat perantara dalam pembelajaran untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pengajaran serta meningkatakan motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Dalam peneltian ini, dengan tujuan untuk mengetahui tahapan, desain, validitas, dan praktikalitas pengembangan media pembelajaran Flashcard pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia dengan menggunakan Model ADDIE di kelas VIII SMP Negeri 1 Kerinci tahun ajaran 2020/2021. Adapun model penelitian yang digunakan yaitu Model ADDIE. Adapun teknik pengumpalan data yaitu angket validitas dan praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat diketahui bahwa: 1) Media pembelajaran flash card IPA berbentuk kartu bolak balik yang berisi gambar pada bagian depan dan materi sebagai keterangan gambar pada bagian belakang kartu dengan perpaduan warna yang menarik dan dirancang untuk siswa kelas VIII pada materi sistem peredaran darah telah berhasil dikembangkan dengan desain menggunakan software adobe photoshop untuk membuat dan menggabungkan gambar dan kata sehingga terbentuklah fitur flash card yang utuh, dan 2) Validitas media pembelajaran flash card IPA berdasarkan penilaian dari ahli media termasuk kedalam kategori sangat valid/layak dengan perolehan persentase nilai 85%, penilaian oleh ahli materi mendapatkan kategori sangat valid/layak dengan persentase 82,86%, penilaian praktikalitas dari guru termasuk kedalam kategori sangat praktis/baik dengan persentase 88,75%. Hal ini menunjukkan bahwa flash card IPA yang dikembangkan dapat diterima sebagai media yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Kemudian, penilaian praktikalitas oleh siswa terhadap media pembelajaran flash card IPA mendapatkan persentase 81,75%. Hal ini menunjukkan bahwa ketertarikan siswa pada media dan media tersebut dapat terima oleh siswa dan dapat digunakan dalam pembelajaran.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis