Dalam situasi pandemi covid-19 sekarang ini proses belajar mengajar di sekolah tidak terlepas dari peran guru, teknologi dan informasi. Hal tersebut bisa dilihat dari aktivitas guru dan siswa dalam memanfaatkan komputer dan jejaring internet untuk membuat laporan, soal ulangan, mengumpulkan tugas dan sebagai model sistem pembelajaran. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi membantu pemerintah dalam proses pembelajaran daring (dalam jaringan) guna mengurangi penyebaran covid-19. Salah satu media yang dapat membantu proses pelajaran daring ini adalah media sosial Whatsapp (WA). Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1). Mengetahui sistem penggunaan WA dalam pembelajaran IPA pada kelas VII di SMPN 4 Sungai Penuh selama pandemi covid-19. (2). Mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran IPA pada kelas VII SMPN 4 Sungai Penuh dengan menggunakan media WA selama pandemi covid-19. (3). Mengetahui kesulitan yang dihadapai selama proses pembelajaran IPA dengan menggunakan media WA. Jenis penelitian ini dikategorikan penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah pembelajaran IPA dengan menggunakan media WA. Sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMPN 4 sungai penuh yang telah melaksanakan proses pembelajaran IPA dengan menggunakan media WhatsApp. Teknik penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan beberapa kriteria teretentu. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat diketahui bahwa proses pelaksanaan pembelajaran IPA di SMPN 4 Sungai Penuh menggunakan media whatsapp dengan beberapa tahap yaitu : (1). Kegiatan pembuka = salam, absen kehadiran, dan berdoa. (2.) Kegiatan inti penyampaian materi pelajaran = mengirim link youtube ke grup whatsapp siswa untuk di tonton, dipelajari dan didiskusikan bersama-sama.(3). Kegiatan penutup = menyimpulkan pembelajran, memberikan tugas kepada siswa dan salam penutup. Sistem penggunaan aplikasi whatsapp sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 4 Sungai Penuh menggunakan link youtube yang dikirim di grup whatsapp kelas. Kesulitan yang dihadapi dalam menggunakan whatsapp sebagai media pembelajaran adalah dalam penyampaian materi pelajaran waktu yang terbatas, keterbatasan dalam berinteraksi dengan siswa, jaringan internet yang tidak stabil, penjelasan materi pelajaran yang sedikit dan setiap pelajaran menggunakan whatsapp selalu diberikan tugas sehingga siswa merasa terbebani dalam belajar menggunakan whatsapp.