Materi fungi merupakan salah satu materi bahasan dalam mata kuliah mikrobiologi. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Kerinci kesulitan dalam memahami materi ini karena menggunakan nama ilmiah dan tidak biasa diucapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa IAIN Kerinci pada materi fungi dan faktor yang mempengaruhi kesulitan-kesulitan mahasiswa Tadris Biologi IAIN Kerinci dalam memahami materi fungi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci, sedangkan sampelnya adalah mahasiswa semester 4 (empat) jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci yang berjumlah 42 orang. Instrumen penelitian adalah tes dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa melalui tes pilihan ganda tingkat pemahaman mahasiswa lebih dominan memperoleh nilai 60-75 dengan persentase 45,24 %. Dan untuk faktor kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam memahami materi diperoleh persentase yaitu lebih dominan pada indikator kecerdasan intelektual yaitu dengan persentase 82,9 %.