Deskripsi/Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model
Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMP Negeri 7 Sungai Penuh di Kelas VIII.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, sebagai upaya untuk memberi
jawaban atas permasalahan yang telah dibentangkan, karena sifatnya
menggunakan pendekatan Eksperimen berupa Quasi Experimental Design.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi dan Soal berupa
Tes yang dilakukan dengan dua tahap yaitu berupa Pretest dan Postest yang
kemudian hasilnya akan di uji dengan menggunakan Uji Validitas, Uji
Reliabilitas, Indeks Kesukaran dan Daya Pembeda dan kemudian di analisis
dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa, Nilai rata-rata post test pembelajaran IPA
khususnya biologi siswa dengan menggunakan model Children Learning In
Science (CLIS) adalah 74,25. Sedangkan Nilai rata-rata pretest pembelajaran IPA
khususnya biologi siswa dengan tanpa menggunakan, hasil belajar yang diperoleh
siswa yaitu 53,25 dan Hasil uji Hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa model
Children Learning In Science (CLIS) memberikan pengaruh pada proses
pembelajaran IPA khususnya biologi, dengan nilai, thitung= 0,06> ttabel = 0,05 pada
taraf signifikan 5% hal ini berarti H0 ditolak dan Hipotesis H1diterima.
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI PINDA.pdf2.85 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.