EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-BOOK SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS IX DI MTS NEGERI 2 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Thu, 01/04/2024 - 09:52
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-book sebagai sumber belajar mandiri terhadap minat belajar IPA siswa kelas IX di MTs Negeri 2 Sungai Penuh. Metode dalam penelitian ini termasuk jenis penelitaian quasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Negeri 2 Sungai Penuh. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 50 orang dijadikan sebagai kelas kontrol dan 44 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pemgumpulan data yaitu posttest. Data dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis dua sampel yang independen dengan menggunakan uji t dengan bantuan SPSS. Berdasarkan uji analisis data menunjukkan bahwa thitung < ttabel dengan jumlah thitung = 1,98850 dan ttabel= hal tersebut membuktikan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan anatara kelas yang menggunakan e-book dengan kelas tanpa menggunakan e-book terhaadap minat belajar siswa.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi