Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Kecerdasan Emotional Questions (EQ) Terhadap prestasi belajar Mahasiswa jurusan tadris Biologi IAIN Kerinci. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Biologi IAIN Kerinci semester 5 yang berjumlah 65 Mahasiswa, pengumpulan sampel nya menggunakan teknik Purposive Sampling. Dengan pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuisioner atau angket. Uji coba penelitian dilakukan dengan uji coba Hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Kecerdasan Emotional Questions (EQ) mahasiswa jurusan tadris Biologi IAIN Kerinci dikategorikan sangat tinggi sebesar 50,76% dengan jumlah frekuensi 33 responden. (2). Terdapat hubungan antara Kecerdasan Emotional Questions (EQ) dengan prestasi belajar mahasiswa biologi IAIN Kerinci dengan hasil yang di tunjukan r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,208 > 0,2027. Kata kunci :Kecerdasan Emotional Questions (EQ) terhadap prestasi belajar mahasiswa