Deskripsi/Abstract
Strategi atau cara yang digunakan oleh siswa dalam memecahkan masalah
matematika cukup beragam dan salah satu yang dapat mempengaruhi perbedaan
tersebut adalah tipe kepribadian siswa. Fokus penelitian ini adalah untuk
menganalisis lintasan berpikir siswa dalam memecahkan masalah bentuk aljabar
ditinjau dari tipe kepribadian thinking dan feeling. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. 4 responden dengan masingmasing
2 siswa dengan kategori tipe kepribadian thinking dan feeling dipilih
secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
melalui lembar angket kepribadian, soal tes aljabar, dan wawancara. Analisis data
kualitatif dilakukan melalui tahap data reduction, data display dan
conclution/verifivation. Hasil penelitian didapatkan lintasan berpikir siswa dalam
memecahkan masalah bentuk aljabar ditinjau dari tipe kepribadian thinking dan
feeling adalah pada siklus analisa soal siswa thinking dapat menunjukkan hal
yang diketahui dari soal dengan cara yang tepat dan proses penyelesaian masalah
dibuat secara terurut sampai kepada siklus penyederhanaan. Pada siklus
penyelesaian siswa thinking sampai memperoleh jawaban akhir dengan
melakukan langkah-langkah penyelesaian dengan baik dan benar. Kesimpulan
yang dapat diperoleh adalah siswa feeling tidak dapat menyelesaikan soal aljabar
dengan baik dibandingkan siswa dengan tipe kepribadian thingking, hal tersebut
dikarenakan siswa feeling dalam penyelesaian masalah bentuk aljabar langkahlangkahnya
tidak berurutan dan sulit untuk mempertimbangkan dengan dasar
benar atau salah (objektif). Oleh karenanya, terkadang ia plin-plan atau bahkan
kebingungan dalam mengambil sikap.
Koleksi
Subject
Files
Artikel JP2 .pdf493.75 KB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.