Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku pasif peserta didik, proses
pembelajaran belum berfokus pada peserta didik dan antusias peserta didik dalam
mengikuti pembelajaran kurang. Ini berhubungan dengan metode pembelajaran
yang digunakan pendidik yang kurang bervariatif. Hal yang dilakukan adalah
menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, salah satunya
melalui metode joyfull learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh metode joyfull learning terhadap kemampuan bekerja sama siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Rancangan penelitian
yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest Design, populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 9 Kota Sungai Penuh. Kelompok
yang dijadikan sampel adalah siswa kelas VII B sebanyak 23 siswa, perlakuan
hanya dilakukan pada satu kelompok dimana pada kelompok tersebut diberikan
instrumen Pretest untuk mengetahui kondisi awal lalu diberikan perlakuan
kemudian dilakukan tes akhir (Posttest). Teknik pengumpulan data diperoleh dari
pengamatan (Observation), koesioner (angket) dan dokumentasi. Dalam uji
hipotesis, peneliti menggunakan uji t-tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
penerapan metode joyfull learning terhadap kemampuan bekerja sama siswa
dalam pembelajaran PAI di SMPN 9 Kota Sungai Penuh berpengaruh. Hal ini
terlihat pada hasil perhitungan statistik yang diperoleh. Dari hasil uji hipotesis
diperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima,
sehingga dapat disimpulkan bahwa metode joyfull learning berpengaruh terhadap
kemampuan bekerjasama siswa pada kelas VII B di SMPN 9 Kota Sungai Penuh.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.