Merdeka belajar merupakan bentuk upaya perbaikan pembelajaran yang memberikan kemudahan dan penyederhanaan untuk proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengimplementasikan konsep merdeka dalam pendidikan agama Islam di SDN 020/XI Koto Lebu. Pada penelitian ini akan membahas tentang konsep merdeka belajar yang diterapkan, cara guru dalam menerapkan dan hasil dari penerapan konsep merdeka belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskripsif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisa data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah : 1). Konsep merdeka belajar diterapkan untuk memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mengembankan diri dan memberikan kebebasan dalam bidang pendidikan. Implementasi konsep merdeka belajar dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip seperti : Kondisi Peserta didik, Belajar Sepanjang Hayat, Holistik. 2). Cara guru dalam menerapkan merdeka belajar dilakukan dengan : menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, Berpihak kepada peserta didik, Melakukan manajemen kelas secara efektif, Penilaian yang berkelanjutan. 3). Hasil yang diperoleh setelah menerapkan merdeka belajar memberikan hasil yang positif baik terhadap guru maupun peserta didik, hal ini seperti guru lebih kreatif dan peserta didik menjadi lebih bersemangat untuk mengikut pembelajaran.