1 hasil penyajian dan analisis data tentang bagaimana kemampuan siswa mengaplikasikan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an di SD Islam Mutiara Al-Madani kota Sungai Penuh pada kelas V dikategorikan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasilakhirnya berjumlah 63,18%. Kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an tersebut dipengaruhi oleh: a. Kebiasaan b. siswa dalam membaca Al-Qur’an. c. Kehadiran siswa dalam mengikuti pelajaran Al-Qur’an. d. Lingkungan keluarga, adanya keteladanan dari orangtua dalam membaca Al-Qur’an. e. Lingkungan sekolah, guru merespon ketika siswa salah membaca Al-Qur’an. 2 Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, terdapat kesulitan yang dialami siswa.Kesulitannya ketika mempraktekkan teori tajwid kedalam bacaan Al-Qur’an.Karna mereka harus mengingat teori tajwid yang sudah diajarkan ketika praktek. Dan juga ada beberapa siswa yang masih membaca Iqro’. 3 Upaya yang dilakukan guru ialah dengan mewajibkan siswa tilawah Al-Qur’an sebelum mulai belajar, hal ini dilakukan supaya siswa terbiasa dan lancar membaca Al-Qur’an.Kemudian ada pelajaran tambahan bagi siswa yang kemampuannya kurang. Ini juga terlihat dari kartu kontrol yang telah dibagikan oleh Guru Sbdt nya.