Deskripsi/Abstract
Madrasah Aliyah Swasta Hamparan Rawang merupakan salah satu Madrasah
Aliyah Swasta yang terdapat di Kota Sungai Penuh. Madrasah ini berdiri sejak 02 Juni
2008 dan mulai beroperasi 01 Juli 2013. Madrasah ini terletak di Jln. Relay TVRI
Hamparan Rawang, Kelurahan Kampung Dilir, Kecamatan Hamparan Rawang, Kota
Sungai Penuh. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran guru Al-Qur’an Hadits dalam
meningkatkan minat membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Swasta Hamparan
Rawang, untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat guru Al-Qur’an Hadits
dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Swasta Hamparan
Rawang dan untuk keberhasilan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat
membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Swasta Hamparan Rawang.
Jenis penelitian digunakan adalah penelitian kualitatif, lokasi penelitian adalah di
Madrasah Aliyah Swasta Hamparan Rawang yang berada di Jln. Relay TVRI Hamparan
Rawang, Kelurahan Kampung Dilir, Kecamatan Hamparan Rawang, Kota Sungai Penuh,
Provinsi Jambi, subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, Guru Al-Qur’an Hadits dan
Peserta Didik, Teknik pengumpulan data terdiri dari, Teknik Observasi, Teknik
Wawancara, Teknik dokumentasi, Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri sebagai
instrumen utama dan tidak ada pilihan lain, teknik analisis data terdiri dari pengumpulan
data, Data Reduction (reduksi data), Data Display (penyajian data), Conclusion
Drawing/verification (Penarikan Kesimpulan) dan teknik keabsahan data.
Hasil penelitian pada peran guru Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Swasta
Hamparan Rawang terdiri dari Guru berperan sebagai Pembimbing, Fasilitator, Motivator
dan Evaluator yakni bertindak dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an di
Madrasah Aliyah Swasta Hamparan Rawang. Faktor pendukung dan penghambat guru
Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Swasta Hamparan Rawang yakni Faktor
pendukung dan penghambat guru Al-Quran Hadits dalam meningkatkan minat siswa
membaca Al-Quran di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Hamparan Rawang adalah
sebagai berikut: a) Faktor pendukung adalah fasilitas yang cukup memadai, dorongan,
motivasi, dan bantuan dari guru lainnya, dan manajemen waktu yang baik. b) Faktor
penghambat adalah latar belakang siswa yang beragam, kurangnya manajemen waktu
siswa untuk mempelajari Al-Quran, dan adanya siswa yang belum memiliki kesadaran
untuk membaca dan mempelajari Al-Quran.
Koleksi
Subject
Files
Skripsi wages penyerahan.pdf2.18 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.