Deskripsi/Abstract
Pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang digunakan
dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 10 kerinci.
Pendekatan tersebut di terapkan untuk mengubah peadigma pembelajaran yang
awalnya berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa. Pendekatan tersebut
dilakukan dengan cara mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba,
mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Namun dalam proses belajar guru belum
bisa maksimal menerapkan pendekatan saintifik dalam proses belajar, guru lebih
cenderung menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
wawancara, observasi dan dokumentasi. Analsisi data dalam penelitian ini
dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan kredibilitas data yaitu: Diskusi
teman sejawab.
Hasil penelitian ini adalah: 1) konsep pendekatan saintifik pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 10 Kerinci Sesuai dengan yang telah
ditetapkan oleh pemerintah yaitu belajar dengan tahapan ilmiah yang berpusat
pada peserta didik dalam proses pembelajaran mengacu pada RPP yang telah
disusun. 2) Semua tahapan pendekatan saintifik mulai dari mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan sudah bisa
diterapkan oleh guru mata pelajaran walaupun dengan menggunakan media
pembelajaran yang seadanya. Sedangkan aspek mengamati dan megasosiasi
jarang dilakukan. Untuk hasil belajar siswa sudah memmperoleh nilai di atas
KKM walaupun ada sebagaian siswa yang masih di bawah KKM. 3) Faktor
pendukung saintifik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam Berupa pemahaman
guru sudah mendapatkan pelatihan dan memahami pendekatan yang digunakan
dalam penyampain materi selain itu adanya fasilitas sarana dan prasarana yang
mendukang dalam penerapan pendekatan saintifik seperti tempat praktek, mushola
dan perpustakaan. sedangkan faktor penghambat dalam penerapan pendekatan
saintifik adalah perbedaan karakter siswa yang tidak bisa disamaratakan dalam
penerapannya masih banyak siswa yang bingung dan belum bisa aktif untuk
mengikuti pelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik selaian itu yang
menjadi kendala dalam penerpan pendekatan saintifik adalah memakan waktu
yang lama terutama saat praktek.
Koleksi
Subject
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.